Bercerai di Usia Muda

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Menghadapi Perceraian Di Usia Muda
source: https://www.pinterest.com/

Dalam menjalani sebuah pernikahan, pasangan memang kerap mengalami beragam permasalahan. Apalagi pada 5 tahun awal pernikahan di mana akan ada banyak cobaan dan rintangan yang memperlihatkan secara utuh bagaimana karakter, sifat, pola pikir, hingga prinsip dari masing-masing pasangan. Seringkali muncul ketidakcocokan yang tak lagi bisa dibendung hingga akhirnya perceraian menjadi solusi terbaik bagi kedua belah pihak. Sayangnya, perceraian di usia muda selalu mendapatkan stigma negatif dari lingkungan, khususnya bagi para wanita atau istri.
 

Menghadapi Perceraian Di Usia Muda

Meskipun berat untuk dilakukan, ada beberapa hal yang sebenarnya dapat dipersiapkan dan dilakukan saat mempersiapkan perceraian di usia yang masih muda, seperti:

  1. Tegaskan alasan perceraian dan yakinkan itu pada diri sendiri. Terkadang perceraian memang merupakan solusi terbaik. Misalnya saja saat suami menunjukkan kekerasan fisik yang tidak lagi bisa dimaafkan. Berada pada keyakinan diri yang tinggi akan membuat Mommy lebih tegar dalam menghadapi komentar orang lain.
  2. Komunikasikan dengan orangtua dan sahabat dekat. Orangtua harus menjadi tempat mengungkapkan permasalahan pernikahan yang sedang dialami. Di usia ini, seharusnya orangtuamu juga masih bisa memberikan respon dan nasihat terbaik untuk menjalani apapun keputusanmu dan pasangan.
  3. Bercerai di usia muda adalah waktu terbaik. Pahami juga bahwa perceraian di usia muda memang terasa berat di awal, tetapi ini akan memudahkanmu untuk "sembuh" dari rasa sakit dengan lebih cepat. Belum memiliki anak dan belum memiliki banyak kenangan bersama akan membuatmu bisa dengan mudah melepaskan masa lalu setelah bercerai.
  4. Sadari bahwa hidup masih panjang. Ingatlah bahwa usiamu masih muda. Masih ada banyak peluang yang bisa dilakukan untuk melanjutkan kehidupan. Cobalah untuk menyibukkan diri dengan karir atau pendidikan setelah perceraian usai. Tingkatkan lagi kualitas hidup dan diri untuk mengoptimalkan potensi dan peluang yang ada. 
Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Menghadapi Perceraian Di Usia Muda
source: https://eclwa.org/
baca juga

Menyembuhkan Perasaan dan Move On Setelah Bercerai

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Menghadapi Perceraian Di Usia Muda
source: https://www.cosmopolitan.com/

Setelah memutuskan untuk bercerai, pastikan kamu juga sudah mempersiapkan diri secara matang untuk bisa benar-benar move on dengan menyembuhkan luka dan perasaan tersakiti dalam masalah pernikahanmu. Saling bermaafan dengan pasangan dan melupakan permasalahan yang ada adalah cara terbaik untuk bisa keluar dari bayang-bayang masa lalu.

Namun yang terpenting, berikan ruang untuk diri sendiri dan berikan waktu untuk menjadikan diri sebagai prioritas. Itu akan memberikan keleluasaan untuk bisa benar-benar melepaskan semua beban pikiran tentang pernikahan, perceraian, dan stigma orang di luar sana.
 

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Menghadapi Perceraian Di Usia Muda
source: https://news.sky.com/

Terakhir, pastikan untuk menghindari bercerita terlalu banyak para orang lain. Biarkan mereka berspekulasi tentang apa yang sedang kamu alami. Itu lebih baik daripada menerima komentar atas apa yang terjadi, tanpa mereka tahu keseluruhan cerita. Ingatlah bahwa kamu masih muda. Pernikahan yang gagal bukanlah akhir dari segalanya. Akui kegagalan itu, dan belajarlah dari apa yang sudah terjadi.