Kurang Air Putih

Moms, tidak dipungkiri ya kalau air sangat penting untuk tubuh. Karena kekurangan cairan akan membuat Moms dehidrasi dan terkena penyakit ginjal. Dan ketika Moms memilih diet keto untuk menurunkan berat badan, maka asupan air untuk tubuh perlu diperhatikan.

Kurang Air Putih
source: https://pesanlab.com/

Batasan asupan karbohidrat saat diet keto akan berpengaruh pada tubuh. Awalnya Moms akan merasa pusing karena jumlah elektrolit dalam tubuh tidak seimbang. Karena itu, Moms butuh setidaknya 3,5 liter air untuk menjaga cairan dalam tubuh.

Kurang Tidur

Tahukah, Moms? Kekurangan waktu tidur akan mempengaruhi kadar gula dalam diri. Banyak yang menganggap sepele masalah tidur karena efeknya yang tak langsung dirasakan. Padahal, hal ini akan sangat memengaruhi keberhasilan program diet yang sedang Moms jalani. Jadi selain memperhatikan pola makan, perhatikan juga waktu tidur ya, Moms.

Kurang Tidur
source: https://medan.tribunnews.com/
baca juga

Konsumsi Lemak Berlebih

Diet keto berarti Moms mengurangi karbohidrat dan menggantinya dengan lemak serta protein. Namun sayangnya banyak yang salah paham dengan hal ini. Karena ketidakpahaman, akhirnya Moms mengkonsumsi lemak yang sangat banyak asal bukan kabohidrat. Padahal ini salah. Meski lemak berperan sebagai pengganti karbohidrat, perlu diingat bahwa tidak semua lemak bersifat baik.

Konsumsi Lemak Berlebih
source: https://wartakota.tribunnews.com/

Mengurangi Garam Terlalu Ketat

Meski sedang diet keto, asupan garam juga harus tetap dijaga, ya. Kekurangan sodium yang didapat dari garam akan membawa dampak buruk bagi tubuh, seperti penyakit kardiovaskuler. Artinya, konsumsi garam yang masuk ke dalam tubuh haruslah tepat. Ketika awal menjalani diet keto, tubuh akan kehilangan sodium dalam jumlah yang cukup besar melalui cairan yang dikeluarkan oleh tubuh. Itu sebabnya, tubuh memerlukan sodium pengganti untuk menjaga agar kadar elektrolit tetap seimbang. Jadi agar tidak kekurangan sodium, Moms bisa mengonsumsi makanan yang mengandung garam, seperti sup atau kaldu dan sayuran fermentasi.

Mengurangi Garam Terlalu Ketat
source: https://bidanku.com/
baca juga

Melupakan Serat

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan para pelaku diet keto adalah melupakan serat. Kekurangan serat akan membuat Moms mengalami sembelit. Untuk menghindari sembelit, Moms bisa mengonsumsi sayuran yang tinggi serat seperti artichoke, brokoli dan brussel sprouts. Alpukat adalah salah satu buah yang punya kandungan lemak tapi juga serat cukup, jadi Moms juga bisa mengonsumsi alpukat setiap hari ketika menjalani diet keto.

Melupakan Serat
source: https://hellosehat.com/

Nah Moms, itu tadi 5 kesalahan diet keto yang sering dilakukan. Sekarang sudah lebih paham kan Moms tentang diet keto? Happy diet, Moms.