1. Beras Putih

1. Beras Putih

Meskipun paling dasar dan sangat mudah untuk ditemukan. Beras putih ini termasuk beras yang paling buruk. Bukan 100% buruk ya, Moms. Namun masih ada pilihan yang lebih baik dari beras putih ini. Mengapa begitu? Hal ini terjadi karena lapisan-lapisan vitamin, serat dan antioksidannya sudah hilang karena proses pembersihan yang dilakukan sehingga ketiga lapisan itu menurun drastis kadarnya. Paling mudahnya adalah, beras putih ini sudah sama sekali tidak mengandung serat alami akibat pengelupasan yang dilakukan.

Oleh karena itu, beras putih hanya menjadi karbohidrat sederhana yang sangat mudah serap tubuh dan meningkatkan gula darah secara instan. Tak heran, kalau sehabis makan nasi putih Moms akan merasa mengantuk karena gula darah sedang naik. Tanpa kandungan serat itu lah, yang membuat karbohidrat dari beras putih lebih mudah untuk menjadi lemak karena kandungan gulanya yang tinggi. Karena kandungan tersebut, beras putih sangat tidak disarankan untuk penderita diabetes dan bagi Moms yang sedang ingin menurunkan berat badan.

2. Beras Coklat

2. Beras Coklat

Tahukah Moms bahwa beras coklat adalah salah satu sumber makanan terbaik untuk mineral Mangan yang dapat mengubah karbohidrat dan protein menjadi energi? Oleh karena itu, beras coklat sangat baik untuk membantu memperbaiki keluhan syaraf, mengubah kolesterol LDL menjadi hormon yang dibutuhkan tubuh. Seberapa pentingkah kita harus mengkonsumsi makanan yang kayak akan Mangan? Penting sekali Moms, karena jika tubuh kekurangan kadar Mangan, makan dapat menyebabkan sel tubuh cepat rusak karena meningkatnya pro-oksidan (lawannya antioksidan).Lebih mudahnya, pro-oksidan adalah radikal bebas yang bisa dihasilkan dari metabolisme karbohidrat atau lemak untuk dijadikan energi.

Fakta menariknya, beras coklat ini sebenarnya bahan baku untuk beras putih Moms. Jika beras putih memerlukan 3 kali pengelupasan, nah beras coklat ini hanya memerlukan 1 kali saja. Sehingga tak heran jika beras coklat ini sangat tinggi akan serat yang sangat baik bagi Moms yang sedang menjalankan program diet.

baca juga

3. Beras Merah

3. Beras Merah

Siapa sih yang tak kenal dengan beras merah? Beras sehat yang sama populernya dengan beras putih karena banyak ditemukan pada menu MPASI bayi atau bahkan ditemukan di restoran yang menyediakan makanan sehat. Warna merah dari beras merah berasal dari anthocyanin yang diproduksi oleh gen yang terdapat pada beras merah dan merupakan sumber warna merah atau ungu. Dibandingkan beras putih, beras merah memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat cocok untuk Moms yang sedang ingin membentuk otot, kandungan karbohidratnya yang rendah dengan serat yang tinggi membuat siapapun yang mengkonsumsi beras merah ini akan merasa kenyang lebih lama.

Tak hanya itu, kandungan kalsium yang terkandung dalam beras merah ini juga tinggi Moms, sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Bagi Moms penderita anemia, mengkonsumsi beras merah dianjurkan karena kandungan zat besinya yang tinggi. Banyak sekali kan keunggulan beras merah ini, Moms.

4. Beras Hitam

Berdasarkan penyebarannya, beras hitam ini lebih banyak di temui di kawasan Asia, termasuk di Indonesia. Kala itu, beras hitam tergolong sebagai beras kaum elit sehingga hanya raja, sultan dan para bangsawan yang boleh memakannya. Bahkan fakta uniknya, beras ini termasuk beras terlarang atau forbidden rice di China.

4. Beras Hitam

Mengapa beras hitam ini sangat istimewa?

Warna hitam pada beras ini terjadi karena Aleuron dan endosperma memproduksi anthocyanin sebagai sumber warna pada beras hitam. Sebagaimana kita tahu, bahwa anthocyanin termasuk ke dalam antioksidan intensitas tinggi, sehingga menghasilkan warna ungu pekat yang mendekati hitam. bahkan menurut penelitian, antioksidan ini lebih tinggi dibandingkan blueberry dan blackcurrent.

Oleh karena itu, beras hitam tergolong beras yang sehat karena dapat menurunkan asam urat, mematikan sel kanker dan yang tak kalah penting dapat membantu mencegah penuaan dini akibat sinar UV. Selain itu, berat ini juga gluten-free dan kaya akan serat sehingga tak usah diragukan lagi kalau beras hitam sangat baik untuk Moms yang ingin melakukan program diet.

Dari keempat jenis beras di atas, sudah bisa Moms ketahui mana yang lebih baik dan yang sesuai dengan kebutuhan Moms. Masih ada kok sumber karbohidrat yang baik dari pada nasi putih. Jadi jangan skip nasi ya meskipun Moms sedang menjalankan program diet.