Penyebab Munculnya Ketombe Alis

Apa sih sebenarnya penyebab munculnya ketombe alis? Berikut beberapa penjelasan penyebab ketombe alis:
  • Kulit Kering, salah satu penyebab dari munculnya ketombe alis adalah kulit yang kering. Kulit kering bisa membuat kulit alis kita mengelupas. Kulit yang kering biasanya terjadi karena beberapa faktor, bisa karena cuaca dingin ataupun karena penggunaan skincare seperti sabun cuci muka yang mengandung bahan-bahan kimia yang terlalu tinggi. 
  • Seborrheic Dermatitisseborrheic dermatitis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada kulit sehingga kulit mengelupas karena produksi minyak yang berlebih dari kelenjar sebum. Alis juga salah satu area wajah yang memiliki kelenjar minyak terbanyak selain kulit kepala lho Moms!
  • Contact Dermatitis, salah satu faktor munculnya ketombe alis adalah kurangnya kebersihan produk dan alat makeup. Penggunaan produk kosmetik untuk alis yang kurang bersih juga dapat menyebabkan ruam pada kulit alis yang disebut contact dermatitis.
  • Psoriasis: Psoriasis sendiri adalah salah satu penyakit kulit yang kronis yang melemahkan sistem kekebalan tubuh. Biasanya penyakit ini terjadi pada area sikut, lutut, kulit kepala, dan alis. Efek dari penyakit ini adalah kulit kering, mengelupas, meradang, dan muncul ketombe.
Penyebab Munculnya Ketombe Alis

Cara Mengatasi Ketombe Alis

  • Gunakan sabun atau sampo yang mengandung zinc, ini adalah salah satu cara penanganan untuk mengatasi ketombe alis. Sabun ataupun sampo yang mengandung zinc akan mengurangi kemerahan, serta iritasi akibat ketombe alis. Kandungan zinc pada sabun atau sampo juga bisa memberikan kulit yang lembut dan juga melembabkan kulit. Moms hanya perlu mencuci muka dengan sabun yang mempunyai kandungan zinc sehari sekali agar segera teratasi.
  • Memakai sampo bayi, sampo bayi umumnya mempunyai kandungan yang soft dan tentunya tidak menyebabkan iritasi. Sampo bayi juga bisa membersihkan pori - pori yang tersumbat dengan mengangkat minyak yang menumpuk pada kulit area alis. Minyak yang menumpuk tersebut adalah penyebab munculnya ketombe alis. Moms juga bisa mengoles sampo bayi dengan air menggunakan cotton bud, lalu basuh dengan air.
  • Menggunakan minyak alami, minyak alami contoh nya jojoba oilvirgin coconut oil (VCO), dan juga tea tree oil, memiliki manfaat yang sangat baik bagi kulit. Jojoba oil dan VCO dipercaya dapat mengatasi masalah kulit yang kering. Moms juga bisa menggunakannya pada area sekitar alis yang kering. Tea tree oil berfungsi sebagai pelembab yang ampuh untuk mengontrol minyak yang berlebih pada kulit wajah.
Cara Mengatasi Ketombe Alis

Berikut adalah penjelasan tentang penyebab muncul nya ketombe alis dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat ya Moms!