Berendam

Ketika hamil, cara efektif pertama untuk mengatasi ambeien adalah dengan berendam. Isi bak kamar mandi dengan air hangat dan rendam tubuh Moms selama 10-15 menit setiap hari. Lakukan 2-3 kali sehari ya, Moms.

Berendam
source: https://www.merries.co.id

Minum Air Putih dan Makan Makanan Berserat

Jika Moms mengalami sembelit, itu artinya feses mengeras, dan hal tersebut akan semakin menyulitkan Mommies untuk buang air besar. Moms akan membutuhkan tenaga lebih besar ketika buang air besar dan ambeien akan semakin sakit. Untuk itu minum lebih banyak air putih dan makanan berserat agar feses lebih lunak ya, Moms.

Minum Air Putih dan Makan Makanan Berserat
source: https://www.haibunda.com/
baca juga

Senam Kegel

Tidak hanya bisa menguatkan dinding perineum untuk persiapan proses persalinan. Namun senam kegel juga dapat memperlancar aliran darah yang bisa meredakan dan mencegah wasir lho, Moms.

Senam Kegel
source: https://www.asmaraku.com/

Gunakan Bantal Donat

Ketika duduk, sebaiknya Moms menggunakan bantal donat. Bantal dengan lubang dibagian tengah akan memudahkan Moms duduk dan Moms juga tidak akan merasa kesakitan.

Gunakan Bantal Donat
source: https://www.jejakharianku.com/
baca juga

Jangan Duduk Terlalu Lama

Jika Moms terlalu lama duduk, maka akan memberi tekanan pada pembuluh darah anus dan rektum. Maka lebih baik jika Moms berbaring dengan posisi miring atau berdiri. Namun jika Moms pada kondisi harus duduk, usahakan berganti posisi setiap beberapa menit sekali agar tekanan pada pembuluh darah dan rektum tidak terlalu lama.

Jangan Duduk Terlalu Lama
source: https://doktersehat.com/

Bersihkan Area Bokong dan Anus

Sebaiknya Moms mengeringkan bagian bokong dan anus dengan tisu kering yang bersih. Lakukan keduanya dengan gerakan menepuk, jangan menggosok untuk menghindari iritasi ya, Moms.

Bersihkan Area Bokong dan Anus
source: https://www.suara.com/

Moms, itu tadi cara efektif mengatasi ambeien saat hamil. Jika ambeien masih terus berlanjut, sebaiknya Moms menemui dokter kandungan Moms untuk memberikan resep obat atau salep yang bisa menyembuhkan ambeien tersebut. Semoga bermanfaat, Moms.