Memiliki bau kaki tidak sedap tentu mengurangi rasa percaya diri moms. Bau kaki umumnya disebabkan oleh kaki yang berkeringat dan keringat tersebut menyerap pada alas kaki, serta tidak mengering ketika moms memakainya lagi. Kondisi lembap membuat bakteri berkembang sempurna pada kaki moms dan menempel pada sepatu. Biasanya bau busuk mulai menyeruak, karena keringat yang telah membusuk.

Jika moms menyadari bahwa kaki Anda menimbulkan bau sepulang kantor, hindari mengenakan alas kaki yang sama pada keesokan harinya. Ini akan menimbulkan bau yang lebih menyengat dan tidak sehat untuk jari-jari kaki.

Banyak hal yang melatarbelakangi kaki Moms mudah berkeringat. Mulai dari penggunaan alas kaki tertutup dalam waktu lama, hingga perubahan hormon, lantaran tengah hamil. Namun demikian moms tak perlu khawatir karena banyak cara mengatasi bau kaki. Diantaranya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah berikut ini:

1. Atasi Bau Kaki dengan Lavender Oil

Tak hanya menimbulkan rasa rileks. Minyak lavender juga bisa menghilangkan bau kaki lho moms. Cara mengatasi bau kaki dengan lavender oil pun cukup mudah. Moms bisa langsung meneteskan beberapa tetes minyak lavender pada kaki yang berbau. Kemudian pijat-pijat ringan kaki moms. Anda bisa melakukannya sebelum tidur. Sehingga keesokan harinya tak ada lagi rasa khawatir akan bau kaki  yang mengganggu.

1. Atasi Bau Kaki dengan Lavender Oil
baca juga

2. Cara Mengatasi Bau Kaki Dengan Teh Hitam

Moms ternyata zat asam pada teh hitam efektif membunuh bakteri dan menutup pori-pori. Sehingga dapat mencegah keringat berlebih pada kaki, yang menyebabkan timbulnya bau tak sedap. Melakukan perawatan kaki dengan teh hitam pun relatif mudah. Rendam kaki pada air hangat yang telah diberi dua kantung teh hitam selama 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan merendam kaki dengan air biasa, agar kaki lebih segar.

2. Cara Mengatasi Bau Kaki Dengan Teh Hitam

3. Cara Mengatasi Bau Kaki Dengan Baking Soda

Bersifat menyerap bau, baking soda juga ampuh usir bau kaki moms. Moms bisa menggunakannya dengan melarutkan baking soda ke dalam air hangat. Kemudian rendam kaki selama 20 menit. Lakukan hal ini tak lama setelah melepas alas kaki ya moms. Rendam kaki secara perlahan ke dalam baskom atau ember. Hal ini agar larutan baking soda secara efektif menyerap dalam pori-pori kaki.

Optimalkan penggunaan baking soda untuk atasi bau kaki dengan menaburkan baking soda di sepatu Anda. Mampu menyerap keringat dan bau. Baking soda pada sepatu Anda dipercaya dapat menghilangkan bau yang terlanjur menempel dan membuat kaki tidak tetap kering.

3. Cara Mengatasi Bau Kaki Dengan Baking Soda
baca juga

4. Cara Mengatasi Bau Kaki Dengan Teh Hijau

Memiliki banyak khasiat, teh hijau tak hanya menjadi teman setia mom saat diet. Teh yang berasal dari negeri Cina ini juga dapat menghilangkan segala macam bau yang timbul dari tubuh Anda. Mulai dari bau mulut, badan, hingga kaki jika rutin mengonsumsinya. Selain itu Moms juga bisa menggunakan teh hijau untuk merendam kaki. 

Rendam kaki sekitar 20-30 menit dengan teh hijau sebanyak 8-10 kantong ke dalam 4 cangkir air. Zat tannin yang terkandung dalam teh akan bersifat sebagai astringent yang akan mencegah kaki berkeringat. Lakukan secara rutin seminggu sekali ya moms. Agar kaki Anda bebas dari bakteri  yang menyebabkan bau tak sedap. Mom juga bisa menaruh kantung teh pada sepatu, agar bau yang menempel ikut lenyap.

4. Cara Mengatasi Bau Kaki Dengan Teh Hijau

5. Cara Mengatasi Bau Kaki Dengan Bawang Putih

Moms dapat juga memanfaatkan bahan-bahan di dapur untuk atas bau kaki. Salah satunya dengan menggunakan bawang putih. Memiliki kandungan senyawa anti jamur yang disebut ajone, bawang putih efektif hilangkan bau kaki. Ada dua cara untuk menghilangkan bau dengan bawang putih. Pertama moms bisa merendam kaki pada air hangat yang sudah di tambahkan tumbukan bawang putih. Lalu rendam kaki selama kurang lebih 30 menit.

Cara lainnya yakni dengan mencampurkan tumbukan bawang putih dan minyak zaitun pada kaki. Selanjutnya balut menggunakan kain kasa. Durasinya kurang lebih sama. Terakhir jangan lupa bersihkan kaki ya moms. Jaga kaki tetap bersih dan kering. Kalau perlu rutin mengganti kaus kaki setiap hari.

5. Cara Mengatasi Bau Kaki Dengan Bawang Putih