Lavender dikenal sebagai salah satu jenis bunga yang memiliki beragam manfaat, salah satu yang paling populer adalah diesktrak menjadi minyak untuk dijadikan essential oilEssential oil
beraroma lavender dikenal dapat memberikan ketenangan sehingga bisa memberi manfaat seperti tidur menjadi lebih nyenyak. Tapi ternyata manfaat minyak lavender bukan hanya itu loh moms, minyak lavender juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambut.

4 Cara Menggunakan Lavender Oil untuk Rambut, Ampuh Atasi Kerontokan Hingga Uban

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Lavender Oil

Untuk mengatasi rambut rontok menggunakan minyak lavender, moms perlu bahan tambahan berupa minyak kelapa. Caranya campurkan 1 sdm minyak lavender dengan 2 sdm minyak kelapa, setelah kedua minyak tercampur rata diamkan sebentar. Aplikasikan minyak pada kulit kepala dan rambut kemudian pijat ringan selama 10 menit sebelum tidur. Bungkus rambut dengan shower cap, diamkan semalaman. Saat bangun di pagi hari segera keramas dan gunakan kondisioner. Lakukan perawatan ini rutin seminggu 1 kali untuk hasil maksimal ya moms. 

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Lavender Oil
baca juga

Cara Menebalkan Rambut dengan Lavender Oil

Penggunaan minyak lavender untuk menebalkan rambut adalah dengan mencampurkannya dengan jojoba oil. Kedua minyak ini akan mempercepat pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok. Caranya campurkan 2 sdm jojoba oil dengan 2-3 tetes lavender oil dalam sebuah mangkuk. Aplikasikan campuran tersebut pada rambut dan pijat sebentar kemudian diamkan selama sekitar 1 jam. Terakhir bilas rambut dengan air hangat, ulangi ritual ini setiap satu minggu untuk hasil optimal. 

Cara Menebalkan Rambut dengan Lavender Oil

Lavender Oil untuk Rambut Berkilau

Selain kedua fungsi di atas, minyak lavender juga dapat digunakan untuk membuat rambut lebih berkilau. Campuran minyak lavender dan minyak kelapa dapat meresap dan menutrisi hingga ke dalam folikel rambut sehingga mampu menambah kilau pada rambut. Cara penggunaannya yaitu dengan mencampur 2 sdm minyak kepala dengan 1 sdt lavender oil, oleskan kedua campuran ini ke rambut dan kulit kepala, biarkan semalaman lalu bilas dengan shampoo dan kondisioner di pagi hari. Ulangi 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Lavender Oil untuk Rambut Berkilau
baca juga

Lavender Oil untuk Rambut Beruban

Rambut beruban memang tidak bisa dihindari, tapi moms setidaknya hal ini dapat diperlambat lho. Caranya yaitu dengan menggunakan campuran kentang dan minyak lavender. Bahan yang diperlukan yaitu 5-6 buah kentang dan 4-5 tetes lavender essensial oil.

Cara pertama yaitu kupas dan cuci kentang. Rebus sekitar 2 gelas air dengan api besar, setelah mendidih masukkan kentang kupas dan kecilkan api, rebus kentang selama sekitar 10-15 menit. Setelah rebusan kentang dingin tambahkan lavender esseniial oil, aduk rata, kemudian masukkan ke dalam botol spray.

Untuk menggunakan ramuan ini, setelah keramas peras rambut dan semprotkan ramuan ke seluruh rambut serta kulit kepala. Diamkan sekitar 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Ulangi perawatan ini setiap 2-3 kali seminggu.

Lavender Oil untuk Rambut Beruban