1. Mulailah mengajak si kecil rutin berkomunikasi

Sebenarnya, sejak baru dilahirkan anak seharusnya sudah mulai diajak berbicara. Langkah ini penting untuk dilakukan agar dapat merangsang fungsi dari indra pendengarannya sejak awal pertumbuhannya. Lanjutkan terus hingga anak benar-benar sudah bisa mendengar dan melihat dengan jelas. Kemudian, berikan stimulasi dengan mengajak si kecil berinteraksi dan berkomunikasi. Saat anak mulai mengoceh, berikan ia perhatian yang jelas berupa tatapan mata dan ekspresi. Ini merupakan langkah awal untuk merangsang kemampuan bicara anak.

Cara Memancing Anak yang Mengalami Speech Delay Agar Mulai Bicara
source: https://www.drhc.ae/

2. Biasakan belajar sambil bermain

Dunia anak-anak adalah dunia permainan. Pastikan Mommy benar-benar memberikan waktu bermain baginya yang cukup. Namun penting juga untuk adalah mengajak anak berinteraksi sambil memberikan beberapa pelajaran mengenai kosakata baru. Misalnya, saat bermain mobil-mobilan atau boneka, mintalah anak untuk menceritakan apa yang sedang terjadi. Bantu anak untuk menemukan kata-kata hingga mereka mengikuti ucapanmu. Selain itu, permainan menanyakan benda-benda seperti mana pensil, mana pintu, mana jendela, itu semua juga dapat memicu anak untuk lebih cepat bicara.

Cara Memancing Anak yang Mengalami Speech Delay Agar Mulai Bicara
source: https://parentsneed.com/
baca juga

3. Perbanyak bertanya pada anak 

Untuk memancing anak agar mau berbicara, perbanyaklah bertanya. Bertanya akan memicu anak untuk mengungkapkan sesuatu dengan kata-kata. Hal ini biasanya diawali dengan “bahasa bayi” dan beragam respon lain. Komunikasi seperti ini sangat penting untuk terus melatih anak agar mau bicara. Misalnya, saat anak kehausan, Mommy dapat berpura-pura tidak mengerti dan meminta si kecil untuk mengungkapkan apa yang diinginkannya dengan kata-kata. Kemudian, saat si kecil menjawab dengan kata-kata yang kurang jelas, ulangilah dengan pelafalan yang benar sehingga anak akan terpapar bahasa dengan sempurna. Jangan malah merespon balik dengan menggunakan “bahasa bayi” yang bisa memperlambat anak bicara. 

Cara Memancing Anak yang Mengalami Speech Delay Agar Mulai Bicara
source: http://www.babysignlanguage.com/

4. Berikan ruang untuk anak bersosialisasi

Ada banyak alasan mengapa seorang anak mengalami keterlambatan dalam berbicara. Penyebab yang paling umum adalah rasa takut dan malu anak saat bertemu dengan orang baru yang jarang ia temui. Itu sebabnya penting bagi Mommy untuk mengajak anak bergaul dengan banyak orang di berbagai lingkungan. Banyak berinteraksi dapat membuat anak lebih terpacu untuk berbicara. 

Cara Memancing Anak yang Mengalami Speech Delay Agar Mulai Bicara
source: https://www.scarymommy.com/
baca juga

5. Lakukan pemeriksaan pada dokter

Apabila di usia 3 tahun anak masih belum bisa berbicara dengan jelas atau masih terbata-bata, segera melakukan pemeriksaan pada dokter. Biasanya akan dilakukan pengecekan terhadap organ pendengarannya, apakah berfungsi secara optimal. Selain itu, anak juga akan mendapatkan perawatan lanjut seperti terapi bicara. Hal ini sangat penting karena jika di usia 3 tahun anak masih belum bicara dengan lancar dan tidak mendapatkan perawatan khusus, maka ia akan rentab mengalami stres dan tantrum karena kesulitan dalam mengungkapkan keinginan dan perasaannya.

Cara Memancing Anak yang Mengalami Speech Delay Agar Mulai Bicara
source: https://www.hearingsolutions.in/

Itulah beberapa langkah penting yang harus diperhatikan dan dioptimalkan oleh orangtua pada anak-anak yang mengalami speech delay. Kunci utamanya adalah jangan pernah berhenti mengajak anak bicara sebagaimana seseorang seharusnya berkomunikasi. Membuat sebuah kebiasaan untuk berkomunikasi akan sangat baik untuk menambah kosakata dan melatih pelafalan dengan benar dan tepat. Semoga bermanfaat, ya!