Mood anak adalah hal yang sangat sulit diprediksi, ada kalanya anak anteng dan mau menuruti apa kata orang tua. Tak jarang pula anak tiba-tiba jadi susah diatur, rewel, minta ini-itu dan sangat sensitif terhadap segala hal. Meskipun terkadang terasa merepotkan tapi itu hal yang wajar terjadi moms. Mengingat anak belum memiliki kontrol yang baik terhadap emosi dan perasaannya. Di beberapa tempat ini anak biasanya jadi lebih rewel dan sensitif, moms perlu waspada.

3 Tempat yang Membuat Anak Lebih Rewel dan Sensitif, Ketahui Penyebab dan Tips Mengatasinya Yuk!

Pesawat

Salah satu tantangan besar bagi orang tua adalah mengajak anak bepergian menggunakan kendaraan umum, khususnya pesawat. Selama melakukan perjalanan dalam pesawat anak akan bertemu dengan banyak orang, harus duduk selama berjam-jam, dan kadang harus berhimpitan dengan orang asing. Kondisi ini tentu membuatnya tidak nyaman sehingga ia akan jadi lebih sensitif dan rewel, biasanya anak akan menangis dengan keras atau melakukan hal yang tidak terduga untuk melampiaskan rasa tidak nyamannya.

Pesawat
baca juga

Bioskop

Menonton bioskop bersama anak mungkin moms anggap bisa menjadi hiburan bagi mereka, tapi bagi sebagian anak kegiatan ini belum tentu menyenangkan loh moms. Terduduk di satu tempat yang gelap selama paling tidak satu jam, ditambah harus bersebelahan dengan orang asing dan mendengar suara-suara yang kencang mungkin membuat anak merasa tidak nyaman. Anak bisa saja malah rewel seperti menangis dan tidak mau duduk menonton dengan tenang. Jadi sebaiknya sebelum memutuskan mengajak anak menonton bioskop pastikan dulu untuk mempersiapkan segala kemungkinan. Seperti harus keluar lebih cepat karena anak mengajak pulang. 

Bioskop

Taman Bermain

Berjalan-jalan bersama keluarga di sebuah taman bermain terlihat sangat asyik ya moms, apalagi jika mengajak si kecil ikut serta. Pada awalnya anak mungkin akan sangat antusias dengan hiburan ini. Tapi taman bermain juga bisa jadi tempat yang membuat anak rewel dan sensitif loh moms. Terlebih jika taman tersebut adalah area outdoor yang luas, anak bisa jadi tidak nyaman karena panas dan kelelahan. Hal itu bisa membuat mereka melakukan hal-hal tidak terduga untuk melepaskan kekesalannya.  

Taman Bermain
baca juga

Penyebab Anak Jadi Rewel dan Sensitif

Anak tiba-tiba jadi rewel dan sensitif di tempat umum sebenarnya dikarenakan satu pemicu, yaitu rasa tidak nyaman. Seperti saat dalam pesawat anak mungkin menangis saat take off dan landing karena telinganya sakit akibat perbedaan tekanan udara. Sedangkan saat berada di bioskop bisa saja suara yang sangat keras dengan atmosfir suasana yang berubah-ubah dari gelap ke terang malah membuat anak takut.

Untuk anak yang terbiasa bermain di rumah, mengajaknya ke taman bermain bisa jadi hal yang sangat melelahkan baginya karena ia tidak bisa seketika beristirahat dengan tenang ketika tubuhnya merasa capek seperti saat ada di rumah.

Penyebab Anak Jadi Rewel dan Sensitif

Tips Menghindari Anak Rewel dan Sensitif

Untuk menghindari anak rewel dan sensitif memang susah-susah gampang, moms harus mengenali betul bagaimana karakter anak dan tahu jurus efektif yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Untuk mencegah anak menangis karena telinganya sakit akibat perbedaan tekanan udara saat naik pesawat, moms bisa memberinya minum berupa air putih, ASI, atau memberinya makanan lembut agar anak menelan ketika take off dan landing. Kegiatan menelan akan mengurangi rasa sakit akibat perubahan tekanan udara.

Sedangkan untuk kegiatan lain, agar membuat anak senantiasa nyaman moms harus memastikan segala kebutuhannya terpenuhi, seperti bersikap tenang menghadapi anak yang rewel, memastikan keadaannya tidak terlalu kenyang atau lapar, dan memastikan anak dalam keadaan bersih, seperti tidak basah, berkeringat berlebih, atau popoknya tidak penuh.

Tips Menghindari Anak Rewel dan Sensitif