Menyehatkan Pencernaan

Moms, ternyata kulit kentang kaya akan serat yang dapat menyehatkan pencernaan anak. Sumber seratnya lebih tinggi dari daging kentangnya sendiri. Kandungan serat pada makanan mampu merangsang gerakan peristaltik dan meningkatkan sekresi cairan lambung sehingga bisa memudahkan pencernaan serta mencegah kondisi sembelit. Nah, itu juga berarti sering makan kentang dapat membuat berat badan makin ideal.

Manfaat Makan Kentang Kukus dengan Kulitnya, Bagus untuk Kesehatan Anak Loh, Moms!

Baik untuk Kesehatan Tulang Anak

Jika Moms ingin buah hati memiliki tulang yang kuat dan sehat maka konsumsi kentang dengan kulitnya adalah solusi tepat. Kulit kentang baik untuk kesehatan tulang anak karena mengandung zat besi. Kentang yang tidak dikupas memiliki kandungan zat besi 35% lebih tinggi. Sementara itu,fosfor, kalsium, magnesium, dan seng pada kentang juga dapat membantu tubuh membangun, mempertahankan struktur, serta menguatkan tulang. Selain itu zat besi dan seng memainkan juga penting dalam produksi dan pematangan kolagen pada tubuh.

Mencegah Kanker

Manfaat kentang kukus dengan kulitnya yang paling luar biasa yaitu untuk mencegah kanker. Sebab pada kentang terdapat folat yang berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA. Bila DNA terjaga maka tubuh akan terhindar dari berbagai jenis sel kanker yang terbentuk karena mutasi pada DNA. Sedangkan vitamin C serta quercetin dari kentang  juga berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, berdasar penelitian yang dilakukan Profesor Derek Stewart dari James Hutton Institute, Amerika Serikat, kentang juga terbukti dapat mencegah penyakit jantung lho Moms.

Mengatasi Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal bukan lagi diderita oleh orangtua, tapi juga bisa menjangkit anak-anak. sebabnya tentu konsumsi makanan tidak sehat. Nah, untuk solusi mengatasi batu ginjal cukup dengan  mengolah kentang kukus dengan kulitnya. Hal ini dikarenakan kentang mengandung magnesium, yang dapat menghambat pengendapan kalsium (kalsifikasi) di ginjal dan jaringan lain.

Manfaat Makan Kentang Kukus dengan Kulitnya, Bagus untuk Kesehatan Anak Loh, Moms!

Meningkatkan Fungsi Otak Pada Anak

Kalium, vitamin c, folat, vitamin b6, asam klorogenik, katekin, lutein, glycoalkaloids adalah beberapa zat yang terdapat pada kentang. Dengan bayaknya zat penting pada kentang ini maka tak heran jika mampu meningkatkan fungsi otak pada anak.

Selain lain itu, kandungan zat besi pada kentang dan kulitnya bisa membantu membawa oksigen ke otak dan kalium pada kentang akan dapat menstimulasi fungsi otak anak. Manfaat lainnya kentang menurut University of Maryland Medical Center yaitu dapat menjaga kesehatan neutron atau syaraf karena kandungan vitamin B6 nya mampu menciptakan zat kimia seperti serotonin, dopamine, dan noreprinefrin yang baik bagi otak
 

Itulah tadi beberapa manfaat yang dapat Moms peroleh jika konsumsi kentang dengan cara mengkukus bersama kulitnya. Jadi muli sekarang jangan mengupas kentang, ya. Cukup dicuci bersih dan dikukus.