Dalam tahap tumbuh kembang, bayi harus dikenalkan dengan berbagai jenis dan rasa makanan. Terutama, jika bayi sudah menginjak usia dimana MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) diberikan. Yaitu, saat bayi sudah waktunya menerima makanan padat pertamanya. Di usia ini tentunya bayi membutuhkan jumlah kalori yang lebih banyak dari sekedar asupan nutrisi yang ia dapatkan melalui ASI eksklusif.

Pemberian makanan padat pertama bayi juga memiliki tujuan untuk menstimulasi indera pengecapnya. Lalu, diantara beragam jenis makanan yang perlu dikenalkan pada si kecil, bagaimana dengan makanan pedas untuk bayi? Sudah bolehkah bayi konsumsi makanan pedas?

Dampak Buruk Makanan Pedas untuk Bayi, Kapan Waktu yang Tepat Mengenalkannya?

Moms, memberikan makanan padat pertama pada bayi perlu dilakukan secara hati-hati. Sebab, sistem pencernaannya belum bisa beradaptasi dengan sempurna. Untuk menghindari adanya gangguan pencernaan, makanan bayi perlu dihaluskan agar dapat tercerna dengan baik.

Setiap bayi memiliki metabolisme tubuh yang berbeda. Meski sebenarnya bayi usia di atas enam bulan sudah siap diperkenalkan dengan sambal ataupun cabai. Pada usia ini saluran pencernaan anak dianggap sudah siap merasakan rasa pedas atau asam dalam jumlah yang sangat sedikit.


Jadi, jawabannya adalah boleh, namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Sebagai langkah awal dalam memperkenalkan makanan pedas utuk bayi, Moms bisa memberikan paprika potong sebagai tambahan dalam makanannya. Namun, meskipun anak sudah diperkenalkan dengan rasa pedas, sebaiknya hindari memberikan makanan yang terlalu pedas ataupun terlalu sering.

Dampak Buruk Makanan Pedas untuk Bayi, Kapan Waktu yang Tepat Mengenalkannya?

Apa dampak buruk makanan pedas pada kesehatan bayi?

Sebenarnya, bayi dengan usia di bawah 1 tahun hanya terbiasa dengan makanan dasar yang mudah menstimulasi sensitivitas indra perasanya. Tapi jika diberi makanan pedas, mungkin ini jarang memicu alergi makanan. Namun makanan pedas dapat membuat iritasi sistem pencernaan dan naiknya asam lambung. Tentunya, hal tersebut tidak baik bagi kesehatan bayi.

Anak-anak yang berusia kurang dari satu tahun masih sangat rentan terhadap reaksi makanan dan kepekaan. Kondisi tersebut bisa mmebuat anak tidak merasa nyaman dan terganggu kesehatannya.

Kapan Waktu Yang Tepat Mengenalkan Makanan Pedas Pada Anak?

Para pakar menyarankan supaya anak mulai diperkenalkan dengan rasa pedas saat mereka sudah mulai makan nasi. Sebab ketika si kecil sudah bisa makan nasi, maka organ lambungnya dianggap sudah benar-benar siap untuk menerima makanan padat dan dengan cita rasa lainnya. Atau, setidaknya sampai si kecil berusia satu tahun. Pengenalan makanan pedas perlu dilakukan secara pelan-pelan dan bertahap.

Itulah Moms, beberapa informasi mengenai makanan pedas untuk bayi, apa dampak buruk yang terjadi jika si kecil diberi makanan pedas, serta kapan waktunya yang tepat mengenalkan makanan pedas pada anak, Moms. Semoga bermanfaat.