Penyebab Gigi Sensitif

Gigi sensitif disebabkan karena beberapa faktor. Moms wajib mengetahui penyebabnya agar lebih berhati-hati dalam menjaga gigi agar tidak ngilu.

  • Penipisan Email Gigi, email gigi adalah lapisan terluar gigi yang berfungsi melindungi gigi dari kerusakan. Semakin tipis email, maka risiko terjadinya gigi sensitif akan semakin tinggi. Penipisan email gigi terjadi karena konsumsi makanan atau minuman manis, asam, minuman bersoda, serta konsumsi vitamin C yang berlebihan.
  • Kondisi Gigi dan Mulut, Gigi yang patah, berlubang atau membusuk dapat membuat dentin terbuka, yang mengakibatkan terjadinya gigi sensitif. Tidak hanya itu, penyusutan gusi juga dapat membuat akar gigi terlihat dan tidak terlindungi.
  • Kondisi Lambung, kondisi lambung yang sedang tidak baik juga dapat menjadi penyebab gigi senditif lho, Moms.  Asam lambung yang naik dari lambung dan kerongkongan, dapat mengikis email gigi. 
Penyebab Gigi Sensitif
source: https://www.alodokter.com/
  • Kebiasaan Buruk, Menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang kasar merupakan contoh kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan gigi sensitif. 
  • Prosedur Medis, pemutihan gigi dan dan tambal gigi juga dapat memicu gigi sensitif lho, Moms. 
  • Faktor Eksternal, ada banyak faktor eksternal lain Moms yang bisa memicu munculnya gigi sensitif, antara lain mengonsumsi makanan dan minuman yang panas atau dingin, mengonsumsi makanan dan minuman yang manis atau asam, membersihkan gigi, baik dengan sikat atau benang gigi, menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol, dan terpapar udara dingin.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Tenang Moms, gigi sensitif sebenarnya dapat diatasi kok, Moms. Ada beberapa cara yang Moms pilih untuk mengatasinya.

  • Gunakan Pasta Gigi Sensitif, pasta gigi senstif memang diformulasikan khusus untuk mengobati gigi sensitif. Jadi jika Moms merasa gigi sensitif Moms sangat mengganggu, sebaiknya segera pindah ke pasta gigi sensitif.
  • Pilih Bulu Sikat yang Lembut, bulu sikat gigi terbagi dalam soft, medium, hard. Jadi pilihlah sikat gigi dengan bulu soft. Dengan begitu, gigi Moms akan terhindar dari sikat berbulu keras yang bisa melukai gusi.
  • Pilih Obat Kumur, untuk menghindari gigi sensitif, sebaiknya Moms menggunakan obat kumur yang  bebas alkohol.
  • Menjaga Kebersihan Multut, jangan malas sikat gigi ya, Moms. Setidaknya Moms harus menyikat gigi dua kali dalam sehari. 
  • Menjaga Makanan dan Minuman, jika tidak ingin memicu gigi sensitif, sebaiknya Moms menghindari makanan dan minuman yang terlalu asam, dingin atau panas. Jadi berhati-hatilah dalam memilih makanan dan minuman ya, Moms.
Cara Mengatasi Gigi Sensitif
source: http://bbyrizqya.blogspot.com/

Jadi Moms, menjaga kebersihan mulut sangat penting, ya. Pastika mulut bersih dengan rajin menggosok gigi dan menghindari hal-hal yang bisa memicu gigi sensitif. Selama semua hal tadi dilakukan, dijamin gigi sensitif tidak akan kembali datang mengganggu. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.