1. Membersihkan Kaca Jendela

Campur cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian, masukkan campuran keduanya ke dalam botol bertutup spray yang ada di rumah. Aplikasikan dengan menyemprotkan campuran cuka dan air pada jendela kotor dan bersihkan menggunakan spons. Terakhir, bersihkan kaca dengan menggunakan squeegee. Jangan lupa untuk membasahi alat pembersih karet terlebih dahulu agar proses pembersihan menjadi lebih mudah.

5 Cara Memanfaatkan Cuka Untuk Membersihkan Rumah
source: https://www.nbcnews.com/

2. Membersihkan Mesin Pembersih Kopi Otomatis

Pada mesin kopi, sering ada cairan dan penumpukkan kotoran yang mengganggu. Untuk itu, bersihkanlah dengan melarutkan mineral dan penumpukan kotoran menggunakan cuka. Caranya, campurkan cuka dengan air (perbandingan 1:1), kemudian alirkan pada mesin kopi otomatis. Biarkan larutan cuka membersihkan setiap saluran di mesin pembuat kopimu.

5 Cara Memanfaatkan Cuka Untuk Membersihkan Rumah
source: https://www.cnet.com/
baca juga

3. Mengangkat Kotoran Pada Microwave

Selanjutnya, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan microwave yang kotor. Sisa-sisa makanan yang dihangatkan dalam microwave kerap mengotori dan memberikan aroma tidak sedap pada microwave. Untuk itu, campurkan ¼ gelas cuka suling putih dan 1 gelas air. Kemudian masukkan pada microwave hingga uapnya mulai tampak. Terakhir bersihkan sisa makanan dengan menggunakan tisu kering.

5 Cara Memanfaatkan Cuka Untuk Membersihkan Rumah
source: https://www.onegoodthingbyjillee.com/

4. Membersihkan Piring dan Gelas

Ingin piring dan gelas di rumah tampak lebih bersih berkilau? Cobalah untuk mencucinya dengan mencampurkan 1 ½ hingga 2 cangkir cuka suling pada campuran sabun cuci piring. Penggunaan cuka ini akan memberikan pembersihan ekstra pada pencucian piring dan gelas.

5 Cara Memanfaatkan Cuka Untuk Membersihkan Rumah
source: https://binge.ae/
baca juga

5. Bathtub atau Bak Kamar Mandi

Hilangkan noda dan kotoran pada bathtub atau bak kamar mandi dengan menyeka bagian yang kotor dengan cuka. Kemudian, bubuhkan baking soda untuk melunakkan kotoran yang mengendap. Terakhir, bilas kotoran dengan menggunakan air bersih.

5 Cara Memanfaatkan Cuka Untuk Membersihkan Rumah
source: http://resepbunda.xyz/line/

Itulah beberapa tips yang bisa Mommy coba untuk menggunakan cuka sebagai bahan dasar pembersih peralatan rumah tangga. Selain ampuh membersihkan, bahan dasar cuka juga aman sehingga tidak memberikan efek samping pada penggunaan alat rumah tangga selanjutnya. Selama mencoba dan semoga berhasil, ya!