Penyebab Bayi Kuning

Kuning pada bayi diakibatkan oleh tingginya kadar bilirubin pada darah. Sel darah merah memproduksi bilirubin yang kemudian mengalir menuju ke hati. Lalu hati akan mengolah bilirubin agar bisa dikeluarkan bersama tinja. Namun karena organ hati bayi belum bisa mengolah bilirubin layaknya orang dewasa, maka kadar bilirubin akan cenderung lebih tinggi dan menyebabkan timbulnya kuning pada tubuh.

Penyebab bayi kuning antara lain:

  • Pendarahan di bawah kulit kepala yang disebabkan oleh persalinan yang sulit
  • Adanya masalah pada organ hati atau saluran empedu
  • Bayi Mengalami Infeksi saat lahir
  • Tingkat oksigen rendah
  • Kekurangan enzim.
  • Kelainan genetik dan kelainan pada sel darah merah si Kecil.
  • Obat-obatan tertentu.
Bayi Kuning Setelah Lahir? Kenali Penyebab dan Penanganannya, Moms!
source: https://raisingchildren.net.au/__data/assets/image/0027/55566/Jaundice-in-newborns.jpg

Penanganan Bayi Kuning

Umumnya kuning pada bayi tidak berbahaya. Namun, jika kadar bilirubin terlalu tinggi dapat bisa membahayakan si kecil. Bayi perlu perawatan khusus jika mengalami kuning yang parah. Berikut ini merupakan cara perawatan bayi yang mengalami kuning ringan:

  • Pemberian ASI atau susu formula secara intensif atau sesering mungkin. Berikan ASI minimal 8 sampai 12 kali sehari. Perhatikan kadar ASI yang diberikan kepada si kecil. Jika diperlukan, Moms bisa memompa ASI dan berikan kepada si kecil agar dapat terukur berapa jumlah ASI yang sudah dikonsumsi oleh si kecil. Hal ini bertujuan untuk mendorong si kecil untuk buang air besar dan bilirubin akan ikut terbuang oleh tinja
  • Metode fototerapi yaitu menggunakan cahaya untuk memecah bilirubin. Metode ini dapat dilakukan di rumah sakit. Bayi akan ditempatkan pada tempat tidur khusus dengan pencahayaan spektrum biru. Cara ini sangat efektif untuk menurunkan kada bilirubin dalam darah. Jika ingin melakukan perawatan di rumah, Moms dapat menjemur si kecil dibawah matahari pagi.
Bayi Kuning Setelah Lahir? Kenali Penyebab dan Penanganannya, Moms!
source: https://images.theconversation.com/files/220120/original/file-20180523-51121-18kjdfv.jpg?ixlib=rb-1.1.0&q=45&auto=format&w=926&fit=clip

Pada umumnya penanganan pada bayi kuning tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun, apabila kuning tak kunjung hilang dan malah semakin bertambah, segera konsultasikan si kecil dengan dokter. Semoga bermanfaat ya Moms!