Anti Backflow

Saat membeli pompa ASI, sebaiknya Moms memilih pompa ASI yang dilengkapi dengan sistem perlindungan anti backflow (closed system). Jadi air susu tidak akan masuk ke dalam motor unit, dengan begitu pompa ASI menjadi lebih awet.

Baca Instruksi Pada Buku Panduan

Moms, agar pompa ASI awet, hal pertama yang harus Moms lakukan adalah membaca instruksi manual dari produk poma ASI tersebut. Buku manual yang disediakan, biasanya memberikan informasi mengenai bagian-bagian mana saja yang harus dibersihkan serta metode yang baik untuk membuka bagian yang harus dibersihkan. Jadi baca dengan seksama sebelum menggunakannya ya, Moms.

Baca Instruksi Pada Buku Panduan
source: http://tokokecilaja.com/
baca juga

Bersihkan Segera

Setelah digunakan, sebaiknya pompa ASI segera dibersihkan ya, Moms. Jangan tunggu nanti-nanti. Terlebih bagian-bagian pompa ASI yang terkena kontak langsung dengan air susu. Karena jika tidak dibersihkan, ditakutkan air susu mengering dan menjadi sarang bakteri.

Bersihkan Segera
source: http://www.sunlight.co.id/

Cuci Secara Terpisah

Sebelum mencuci pompa ASI, sebaiknya Moms lepas lepas dulu per bagiannya. Cuci setiap bagian secara terpisah dengan menggunakn sabun cuci piring cair dan basuh setiap bagian secara menyeluruh dengan air panas selama 10-15 menit. Hal ini bertujuan agar pompa ASI benar-benar tercuci seluruhnya tanpa ada yang terlewat.

Cuci Secara Terpisah
source: http://www.sunlight.co.id/
baca juga

Jangan Langsung Disimpan

Setelah dicuci, sebaiknya pompa ASI Moms keringkan dengan lap dapur atau tissue. Pastikan benar-benar kering ya, Moms. Setelah itu, angin-anginkan sebentar. Jika sudah benar-benar kering, baru Moms boleh menyimpannya kembali. Jangan menggunakan lap handuk untuk mengeringkan bagian pompa ya, Moms. Dikhawatirkan akan beresiko membawa bakteri yang berbahaya bagi ASI dan juga si kecil.

Jangan Langsung Disimpan
source: https://babyologist.com/

Lepaskan Kabel Adaptor

Jika sudah selesai dipakai, sebaiknya Moms melepas kabel adaptor dari colokan supaya menjaga mesin pompa tetap awet karena terhindar dari listrik statis.

Lepaskan Kabel Adaptor
source: https://kumparan.com/

Periksa Katup Breast Pump

Rajin-rajinlah memeriksa katup/membran breast pump. Jika Moms merasa daya hisapan pompa ASI sudah terasa berkurang, maka sebaiknya ganti katup/membran breast pump. Untuk pemakaian normal, disarankan untuk diganti untuk pemakaian selama 6 bulan atau lebih.

Simpan Dengan Benar

Setelah selesai digunakan, sebaiknya simpan pompa ASI yang di wadah tertutup yang kedap udara, sehingga meminimalisir dari terkena debu dan kotoran.

Nah Moms, itu tadi cara merawat pompa ASI agar awet. Happy Breasfeeding, Moms.