1. Genetik (bawaan)

Penyebab katarak pada bayi yang pertama adalah karena faktor genetik aliasa bawaan dari sejak lahir. Jalan satu-satunya untuk menyembuhkan katarak bawaan (kongenital) adalah dengan jalan operasi. Jika katarak ini didiamkan terlalu lama maka akan menghambat penglihatan anak dan bahkan yang lebih parah lagi anak bisa menjadi buta. 
 

source: http://albums.face.ge



 

2. Obat Antibiotik Tetrasiklin

Katarak pada bayi juga bisa disebabkan oleh penggunaa yang tidak tepat pada ibu hamil, salah satunya yaitu obat antibiotik tetrasiklin. Antibiotik ini biasa digunakan untuk mengobati infeksi pada wanita hamil. Sebaiknya ibu lebih selektif dalam meilih obat dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan doter yang berpengalaman. 
 
source: https://www.licdn.com



 

baca juga

3.  Infeksi Rubella

Infeksi rubella ini seringkali menyerang Ibu hamil, dimana virus ini merupakan suatu virus RNA yang ditularkan melalui saluran pernapasan masuk ke dalam tubuh, dan berkembang biak di daerah sekitar rongga hidung dan mulut dan kelenjar getah bening.

Virus ini dapat dengan mudah menyerang ibu hamil dikarenakan ibu hamil memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak hamil. Nah, virus ini juga salah satu penyebab katarak pada bayi. 
 

source: http://www.scarymommy.com



 

4.  Toksoplasmosis

Toxoplasmosis adalah penyakitparasitik yang disebabkan oleh protozoa Toxoplasma gondii, dimana parasit ini menyerang banyak binatang salah satunya kucing. Virus ini dengan mudah menyerang ibu hamil yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

Dampak yang ditimbulkan dari virus toxoplasmosis pada ibu hamil bisa menyebabkan bayi keguguran dan katarak pada bayi. Buat ibu hamil sebaiknya jauhkan dulu diri kamu dari binatang berbulu seperti anjing atau kucing. 
 

source: http://www.ivfclinicsindia.com