Bukan sembarang tanaman moms, lidah buaya (aloe vera) juga memiliki banyak manfaat untuk mengatasi permasalah kulit. Salah satunya adalah untuk mengatasi sunburn pada kulit Anda. Selain alami, lidah buaya dipercaya sangat aman untuk mengobati kulit moms yang terkena sengatan matahari. Memiliki sifat anti-inflamasi lidah buaya dapat memberi ketenangan pada kulit yang meradang dan teriritasi.

Selain itu, sifat antiseptik dan analgesik pada lidah buaya efektif menyembuhkan kulit dari rasa sakit akibat dari sengatan matahari. Manfaat lainnya mengaplikasikan lidah buaya pada kulit dapat meningkatkan elastisitas dan tekstur kulit. Penasaran moms bagaimana cara menggunakan lidah buaya pada kulit, yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Lidah Buaya untuk Atasi Sunburn

Moms bisa menggunakan gel atau tanaman lidah buaya itu sendiri. Jika moms menggunakan tanaman lidah buaya, moms bisa mulai membersihkan lidah buaya dan ambil gel yang berwarna bening. Lalu letakkan ke dalam wadah. Ambil gelnya sesuai dengan kebutuhan. Aplikasikan pada kulit yang terbakar sinar matahari. Diamkan, agar gel meresap ke kulit. Jika terasa lengket, bilas dengan air dingin. Ulangi pengobatan ini beberapa kali sehari untuk hasil maksimal.

1. Lidah Buaya untuk Atasi Sunburn
baca juga

2. Lidah Buaya dan Putih Telur

Moms juga dapat mengkombinasikan lidah buaya dengan putih telur. Kandungan lutein pada telur dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh sinar UV. Siapkan putih telur dari satu butir telur ke dalam wadah. Lalu tambahkan 1 sendok makan gel lidah buaya. Setelah kedua bahan diaduk rata, moms bisa mulai mengaplikasikannya pada kulit yang terbakar. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi pengobatan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang diinginkan.

2. Lidah Buaya dan Putih Telur

3. Lidah Buaya dan Pepaya

Lidah buaya dan pepaya kaya akan kandungan beta-karoten. Kandungan ini membantu melindungi kulit dari sengatan matahari berlebihan. Cara membuat obat alami ini cukup mudah. Moms tinggal mencampurkan buah pepaya yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok makan gel lidah buaya. Oleskan campuran keduanya pada area kulit yang kena luka bakar. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi kegiatan ini setiap hari untuk hasil maksimal.

3. Lidah Buaya dan Pepaya
baca juga

4. Lidah Buaya dan Mentimun

Memiliki air yang cukup banyak mentimun efektif untuk melembabkan dan menenangkan kulit. Tanaman jenis labu-labuan ini juga dapat mengurangi rasa sakit pada luka bakar, akibat sengatan matahari. Moms bisa menggunakannya dengan dicampur gel lidah buaya. Caranya campurkan gel lidah buaya dan jus mentimun dalam wadah. Campuran keduanya dioleskan pada area kulit yang terkena sunburn. Biarkan selama 20 menit, kemdian dibilas. lakukan secara rutin setiap hari ya moms.

4. Lidah Buaya dan Mentimun

5. Lidah Buaya dan Lemon

Lidah buaya dan lemon menjadi dua bahan kombinasi yang pas. Selain efektif untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari, keduanya juga  bisa mencegah penuaan kulit karena sinar UV yang berbahaya. Moms bisa mencampurkan 2 sendok makan gel lidah buaya dengan air lemon pada satu wadah. Setelah itu, moms bisa mengaplikasikannya pada kulit dan dilanjutkan dengan melakukan pijatan lembut selama beberapa menit. Biarkan sebentar agar meresap lalu bilas dengan air. Ulangi ini 2-3 kali dalam seminggu.

5. Lidah Buaya dan Lemon

6. Lidah Buaya dan Kulit Jeruk

Memiliki kandungan vitamin dan mineral yang penting, kulit jeruk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Sama dengan lidah buaya,kulit jeruk juga memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan kulit yang meradang serta teriritasi. Moms bisa mencampurkan bubuk kulit jeruk yang sudah mudah didapatkan dengan 1 sendok makan gel lidah buaya. Oleskan campuran tersebut pada kulit dan berikan pijatan lembut beberapa menit. Bilas, lalu ulangi pengobatan 3-4 kali dalam seminggu.
6. Lidah Buaya dan Kulit Jeruk