Saa usia kandungan sudah mulai mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL). Moms pasti rasanya tak sabar ingin bertemu si kecil yang sering menendang di malam hari. Berbagi hal sudah mulai disiapkan mulai dari perlengkapan bayi, hingga satu tas yang berisi perlengkapan untuk dibawa ke rumah sakit ketika hari melahirkan tiba. Moms, mulai was-was jika rasa nyeri seperti buang air besar menyerang di pagi hari. Banyak pertanyaan di benak moms apakah ini hanya ingin buang air besar atau tanda-tanda akan melahirkan.

Moms tahu kah Anda saat si kecil sudah waktunya untuk lahir terdapat tanda-tanda yang bisa moms jadikan patokan. Tanda-tanda tersebut seperti berikut ini:

1. Bayi Telah Masuk Panggul

Salah satu tanda waktu melahirkan sudah dekat adalah posisi bayi telah masuk ke panggul. Ketika dalam posisi ini kepala bayi umumnya telah mapan berada di bawah. Ciri-cirinya moms sudah bisa bernafas lega. Sebab posisi ini telah mengurangi tekanan pada diafragma. Jadi rasa sesak yang kerap datang terutama saat malam hari sudah tak lagi dirasakan. Namun sebagai gantinya posisi bayi ini menekan pada kantung kemih. Tak heran jika moms jadi bolak-balik buang air kecil.

1. Bayi Telah Masuk Panggul
baca juga

2. Sering Buang Air Besar

Hormon-hormon yang timbul untuk mendukung persalinan dapat mempengaruhi sistem pencernaan moms. Oleh karena itu moms mungkin akan lebih sering buang air besar atau bahkan diare. Untuk mengatasinya moms harus pastikan cukup asupan air putih, agar tidak dehirasi.

2. Sering Buang Air Besar

3. Kram dan Nyeri Punggung

Nyeri pada punggung akan mulai menghampiri moms. Hal ini disebabkan oleh bobot bayi semakin berat. Rasa nyeri ini serupa ketika moms akan datang bulan, namun lebih sakit. Kram juga akan terasa pada daerah panggul dan dubur. Selain itu, pada aera pangkal paha dan punggung bagian bawah juga akan diserang rasa sakit. Terlebih jika ini bukan kehamilan pertama moms. Kondisi ini moms rasakan, lantaran tubuh Anda sedang meregang dan bergeser sebagai persiapan kelahiran.

3. Kram dan Nyeri Punggung
baca juga

4. Keputihan Berwarna Merah dan Melebarnya Leher Rahim

Tanda persalinan sudah dekat juga ditandai oleh keluarnya caira padan pada vagina . Cairan ini seperti keputihan namun warnanya lebih pakat atau cenderung kemerahan atau kecoklatan. Hal ini disebut juga bloody show yang disebabkan oleh pelepasan lendir pada penyumbat leher rahim selama kehamilan. Ini terjadi karena longgarnya leher rahim, pada tahap persalinan pertama. Namun demikian Anda harus waspada jika yang keluar darah seperti saat menstruasi. Hal ini bisa saja suatu pertanda buruk.

4. Keputihan Berwarna Merah dan Melebarnya Leher Rahim

5. Air Ketuban Telah Pecah

Air ketuban juga bisa menjadi pertanda kelahiran akan segera terjadi dalam waktu dekat. Meski tak semua wanita mengalami pecah ketuban sebelum di ruang bersalin, namun moms perlu waspada, serta mengenali seperti apa air ketuban tersebut. Umunya air ketuban akan merembas seperti tetesan. Keluarnya biasanya tak bisa ditahan seperti air kencing. Bukan semburan air yang deras. Anda bisa menggunakan pembalut sembari bergegeas ke rumah sakit terdekat. Akan tetapi moms wajib menghubungi petugas kesehatan  jika air ketuban mengalir deras bergitu saja. Hal ini bisa menjadi tanda persalinan akan terjadi dalam waktu dekat.

5. Air Ketuban Telah Pecah