Manfaat mentimun untuk kesehatan
Mentimun merupakan jenis sayuran yang masuk ke dalam keluarga tanaman seperti labu dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Kandungan air pada sayuran mentimun sama seperti yang ada pada semangka, yaitu sebagian besar (95%) terdiri dari air, yang berarti mengkonsumsi ketimun pada musim panas, dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Bagus untuk Program Diet, Ini 6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan
source: https://www.aboutlawsuits.com/cucumber-salmonella-outbreak-continues-90217/

Manfaat ketimun bagi kesehatan sangat beragam, mengkonsumsi ketimun akan menambah asupan berbagai zat yang penting untuk tubuh. Berikut adalah ulasan berbagai manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh manusia.

Detoksifikasi tubuh
Mentimun memiliki sifat diuretik atau bisa memicu produksi air seni. Dengan begitu, hal ini akan mendorong bakteri, racun-racun dan zat hasil metabolisme untuk keluar dari tubuh melalui urine. Cara ini dikenal juga sebagai detoksifikasi. Tubuh pun akan jadi lebih segar karena bersih dari berbagai zat berbahaya dan racun.

Selain itu, mentimun juga mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat mengundang sejumlah penyakit seperti alzheimer, jantung, menurunnya daya penglihatan serta diabetes. Moms bisa membuat infused water dari mentimun, dengan mencampur air matang dengan beberapa potongan mentimun, lalu disimpan dalam lemari es, bisa juga ditambahkan dengan lemon. 

Bagus untuk Program Diet, Ini 6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan
source: https://fitlife.tv/detox-water-recipes-to-spice-up-your-water_original/nutrition/

Mencegah osteoporosis
Mentimun merupakan sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir jus mentimun mengandung 22% dari asupan harian yang disarankan untuk vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang, karena asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang dan osteoporosis (tulang keropos) yang lebih tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium di tulang. Minum jus mentimun secara teratur dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang, sehingga mencegah timbulnya osteoporosis.

baca juga

Mengelola kadar hormon
Selain bagus untuk tulang, ternyata mentimun juga berkhasiat membantu menyeimbangkan kadar hormon di dalam tubuh kita lho, Moms. Konsumsilah jus mentimun 1 gelas per hari, hal ini dapat membantu mencegah kerusakan kelenjar tiroid pada tubuh Moms.

Bagus untuk Program Diet, Ini 6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan
source: https://www.healthambition.com/cucumber-juice-benefits/

Mencegah kanker
Siapa sangka sayuran yang satu ini sangat berkhasiat untuk mencegah kanker? Hal ini karena mentimun memiliki kandungan lignan dan cucurbitacun. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, salah satu kandugan mentimun yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.

Memperbaiki sistem syaraf
Mentimun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks yang meliputi vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin B7. Vitamin-vitamin ini bekerja bersama dalam merelaksasi dan memperbaiki sistem syaraf Moms serta membantu meredakan serangan panik dan kecemasan yang disebabkan oleh stres.

Bagus untuk Program Diet, Ini 6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan
source: https://www.kabarmaya.co.id/2997/manfaat-mentimun-untuk-wajah/

Menurunkan berat badan
Bagi Moms yang sedang menjalankan program diet, salah satu asupan yang bisa dicoba adalah mentimun. Jus atau air mentimun membantu mengurangi kalori di tubuh Moms. Saat Moms merasa lapar dan ingin menyantap makanan, hal itu tidak melulu berkaitan dengan asupan makanan yang kurang, namun kondisi ini juga menandakan bahwa tubuh Moms kekurangan cairan.

Minuman air mentimun akan membantu Mons merasa lebih kenyang dengan kadar kalori yang sangat rendah. Jika Moms tidak merasa lapar lagi setelah minum air metimun, sesungguhnya Moms hanya merasa haus.

Nah Moms, beragam sekali ya manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini bermanfaat!