Berikan Contoh Bicara yang Baik

Saat Anak Jadi Peniru Handal dan Berkata Kasar, Ini 4 Hal yang Harus Moms Lakukan
source: https://raisingchildren.net.au/

Anak merupakan peniru profesional. Ia akan mengamati bagaimana orang-orang didekatnya berperilaku dan langsung dapat mencontohnya dengan baik. Itu sebabnya, Mommy harus benar-benar bisa memberikan contoh bagaimana sebaiknya seseorang seharusnya berkata-kata. Hindari kata-kata kasar atau sumpah serapah, meskipun tidak diungkapkan pada anak sekalipun. Pasalnya, anak akan melihat dan meniru apapun yang Mommy lakukan.
 

Jauhkan Anak dari Paparan Media yang Tidak Mendidik
 

Saat Anak Jadi Peniru Handal dan Berkata Kasar, Ini 4 Hal yang Harus Moms Lakukan
source: https://www.scarymommy.com/

Tidak hanya dari orangtua dan keluarga, kebiasaan anak berkata kasar juga bisa terjadi akibat dari paparan media yang menampilan orang-orang dengan kata-kata kasar dan sumpah serapah. Hal ini tentu akan sangat cepat diserap anak dan diikutinya. Apalagi jika kata-kata itu terus diulang dan menjadi bahan bercandaan yang terkesan tidak masalah. Dengan kata lain, Mommy harus menyeleksi dengan saksama tayangan apa saja yang boleh ditonton anak. Tidak semua tayangan televisi dan video di YouTube boleh ditonton oleh anak.
 

baca juga

Jangan Tertawa Saat Anak Berkata Kasar

Saat Anak Jadi Peniru Handal dan Berkata Kasar, Ini 4 Hal yang Harus Moms Lakukan
source: https://www.washingtonpost.com/

Saat anak kecil mengatakan kata-kata kasar, kebanyakan orang malah tertawa karena lucu melihat bagaimana ia melafalkannya dengan tidak sempurna. Apalagi dengan ekspreasinya yang imut dan polos. Sayangnya, respon ini sangatlah tidak mendidik dan malah membuat anak berpikir bahwa menggunakan kata-kata itu bukanlah sebuah kesalahan. Jangan heran jika anak malah terus mengulangi penggunaan kata-kata tersebut sehingga menjadi sebuah kebiasaan buruk.
 

Selalu Ingatkan Anak untuk Tidak Mencontoh Teman yang Kurang Baik

Saat Anak Jadi Peniru Handal dan Berkata Kasar, Ini 4 Hal yang Harus Moms Lakukan
source: https://www.romper.com/

Komunikasikanlah pada anak apa yang sebenarnya boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh untuk dilakukan. Hal ini harus dilakukan sejak dini agar anak tidak terlanjur lepas kontrol saat ia mulai bergabung dengan anak-anak di luar sana. Mungkin sebagian orangtua juga sangat menjaga anaknya seperti yang Mommy lakukan. Namun, ada pula anak-anak yang dibiarkan orangtuanya dengan kata-kata kasar dan tidak sopan hingga akhirnya menjadi penyebar kebiasaan buruk di kalangan teman sebayanya.

Untuk mengatasinya, perkuatkan pemahaman anak tentang apa yang baik dan apa yang buruk. Dengan begitu, si kecil akan lebih memahami bahwa penggunaan kata-kata kasar yang dilakukan temannya tidak baik dan tidak boleh untuk dicontoh.