Bicaralah Pada Anak Tanpa Emosi

4 Hal yang Bisa Mommy Lakukan Saat Anak Diskors dari Sekolah
source: https://www.parenttoolkit.com/

Saat anak melakukan sebuah kesalahan, Mommy harus menjadi orang pertama yang memberikannya ruang dalam mengungkapkan apa yang sebenarnya dia lakukan. Mendapatkan hukuman di sekolah tentu merupakan akibat dari kesalahan yang sudah dilakukannya. Apalagi jika sudah sampai pada hukuman skors di mana ia sudah melakukan kesalaan yang pasti cukup fatal. Tentu Mommy ingin sekali menyemprotnya dengan segala kekesalan dan emosi. Namun, Mommy tetap harus memberikannya waktu agar dapat dengan tenang mengevaluasi kesalahannya tanpa harus terbebani dengan tekanan dari segala sisi.
 

Tegaskan Bahwa Tidak Ada Alasan Apapun yang Membenarkan Sebuah Kesalahan

4 Hal yang Bisa Mommy Lakukan Saat Anak Diskors dari Sekolah
source: https://youngminds.org.uk/

Meskipun begitu, berikanlah penegasan bahwa apa yang dilakukan tetaplah sebuah kesalahan yang harus dibayar dengan menjalani hukuman. Kata-kata yang tegas akan lebih mengena pada hati anak dibandingkan dengan teriakan dan bentakan yang penuh emosi. Mungkin Mommy akan sangat kecewa dan marah atas kesalahan fatal yang dilakukan. Tapi menahan emosi akan memberikan dampak yang jauh lebih baik ke depannya.
 

baca juga

Berikan Anak Hukuman yang Mendidik

4 Hal yang Bisa Mommy Lakukan Saat Anak Diskors dari Sekolah
source: https://elearningindustry.com/

Hukuman berupa penyitaan handphone, larangan bermain game, atau karantina tanpa bermain di akhir pekan dengan teman mungkin akan muncul di benak Mommy saat mendapati anak melakukan kesalahan. Namun, pikirkanlah beberapa hukuman lain yang lebih mendidik. Seorang ibu asal Shreveport, Lousiana, Amerika Serikat, memberikan hukuman pada anaknya yang diskors dengan menyuruhnya melakukan pekerjaan sukarela.

Cara seperti ini dapat dilakukan untuk menghukum anak sambil membuatnya melakukan hal-hal yang lebih berguna dan bermanfaat. Beberapa aktivitas amal juga bisa dipilih untuk mengedukasi anak pada kegiatan-kegiatan positif dibandingkan dengan hukuman rumahan biasa.
 

Arahkan Anak untuk Bertanggung Jawab Atas Kesalahannya

4 Hal yang Bisa Mommy Lakukan Saat Anak Diskors dari Sekolah
source: https://www.womenshealth.gov/

Terakhir, saat melakukan sebuah kesalahan, seseorang tidak hanya patut untuk menerima hukuman. Ia juga harus bertanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuat agar kerugian yang terjadi akibat kesalahannya dapat diminimalisir. Misalnya, jika ia tertangkap mencuri, potonglah uang jajannya untuk digunakan mengganti barang yang dicurinya. Jika ia melukai orang lain, arahkan anak untuk menjenguk korban dan membawakan bingkisan permohonan maaf padanya. Cara-cara semacam ini harus dilakukan untuk menimbulkan efek jera di mana kesalahan harus diikuti dengan tanggung jawab.