Ketahui Penyebab Anak Takut Tidur Sendiri

Pahamilah bahwa tiap anak memiliki alasannya sendiri mengapa ia takut untuk tidur sendiri di kamarnya. Hal ini dapat disebabkan rasa takut akan hal-hal menyeramkan, atau mungkin ketergantungan untuk tidur bersama orangtuanya. Berikanlah penjelasan secara perlahan mengenai apa yang seharusnya tidak ditakuti. Misalnya jika ia takut tidur sendiri karena khawatir ada monster di balik kasurnya, tunjukkan bahwa itu tidak ada. Katakan juga bahwa Mommy akan selalu ada dan segera datang jika ia membutuhkan sesuatu.
 

Tips Anak Mandiri, Ini 5 Cara Ampuh Agar Anak Berani Tidur Sendiri
source: https://lifeofdrmom.com/

Buatlah Suasana Kamar Anak Menyenangkan

Selanjutnya, buatlah suasana kamar tidur anak menjadi menyenangkan. Ganti warna cat dinding atau pasanglah wallpaper sesuai dengan kesukaan si kecil. Membuat suasana kamar anak menjadi nyaman dapat membantunya untuk menghilangkan rasa takut untuk tidur sendiri.
 

Tips Anak Mandiri, Ini 5 Cara Ampuh Agar Anak Berani Tidur Sendiri
source: https://www.yourmodernfamily.com/
baca juga

Perbanyak Aktivitas Harian Di Kamar Anak

Salah satu penyebab mengapa anak takut untuk tidur di kamarnya adalah karena ia kurang familiar dengan kamarnya sendiri. Itulah sebabnya penting bagi Mommy untuk bisa membuatnya nyaman di kamar miliknya dengan memperbanyak aktivitas harian di kamarnya. Misalnya, tempatkan semua mainan anak di sana, ajaklah juga anak untuk bermain dan belajar di kamarnya sendiri. Hidupkan suasana kamar sehingga si kecil lebih berani untuk tidur sendiri di sana.
 

Tips Anak Mandiri, Ini 5 Cara Ampuh Agar Anak Berani Tidur Sendiri
source: https://www.babycenter.com/

Pasangkan Lampu Tidur Kesukaannya

Tidak bisa tidur dengan lampu menyala, tetapi takut dengan kegelapan menjadi alasan yang cukup umum pada anak yang enggan tidur sendiri. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memasangkan lampu tidur yang lucu dan menarik. Mommy dapat mengajak si kecil untuk memilih sendiri lampu tidur yang akan ia gunakan saat tidur. Lampu tidur akan membuat suasana kamar saat tidur lebih menenangkan sehingga ia bisa tidur dengan lebih nyenyak sendiri.
 

Tips Anak Mandiri, Ini 5 Cara Ampuh Agar Anak Berani Tidur Sendiri
source: https://www.amara.com/
baca juga

Bacakan Cerita Sebelum Tidur

Terakhir, temanilah saat-saat awal ia tidur sendiri dengan membacakan cerita sebelum tidur. Bacakanlah cerita-cerita tentang keberanian yang bisa menyadarkan anak bahwa ia seharusnya tidak takut pada hal-hal yang sebenarnya tidak perlu ditakuti. Mendengarkan cerita sebelum tidur juga akan membuat anak menjadi lebih tenang hingga akhirnya ia bisa benar-benar terlelap dan tertidur sendiri.
 

Tips Anak Mandiri, Ini 5 Cara Ampuh Agar Anak Berani Tidur Sendiri
source: https://parenting.firstcry.com/

Itulah beberapa hal yang bisa Mommy lakukan untuk membuat anak berani tidur di kamarnya sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!