Rasa Sakit yang Tak Tertahankan

Jika Moms merasakan sakit yang tidak kunjung reda pada bagian jahitan operasi caesar meski sudah minum obat penghilang rasa sakit, dan Moms juga tidak bisa bergerak ataupun duduk, sebaiknya segera hubungi dokter kandungan Mommies. Dikhawatirkan terjadi infeksi pada jahitan.

Rasa Sakit yang Tak Tertahankan
source: https://www.halodoc.com/

Pendarahan dan Bengkak

Jika Moms menjumpai darah yang mengalir dari tempat bekas luka jahitan operasi caesar, kemungkinan ini adalah keadaan darurat dan bisa jadi tanda adanya robekan bekas luka. Sebaiknya Moms segera mengunjungi dokter kandungan Moms, karena hal ini memerlukan pertolongan medis segera. Tidak hanya pendarahan, namun bengkak pada bekas luka juga bisa menjadi salah satu tanda infeksi internal yang perlu diperiksa.

Pendarahan dan Bengkak
source: https://www.alodokter.com/
baca juga

Demam

Demat tinggi bisa menjadi salah satu tanda-tanda bekas jahitan Moms terkena infeksi. Terutama jika Moms mengalami demam bersamaan dengan rasa sakit dan bengkak di tempat sayatan operasi.

Demam
source: https://www.alodokter.com/

Pembentukan Pus/Nanah

Bekas jahitan yang sembuh seharusnya semakin hari rasa nyerinya berkurang dan menjadi kering. Namun jika tiba-tiba keluar nanah atau cairan apapun dari bekas jahitan, maka ini bisa jadi terjadi infeksi, Moms. Dan bila tidak diobati bisa menyebabkan sepsis.

Pembentukan Pus/Nanah
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Bengkak Pada Bagian Lain

Tidak hanya bengkak pada bekas sayatan, tapi bengkak pada bagian tubuh yang lain juga bisa saja menjadi tanda-tanda infeksi terjadi pada jahitan caesar. Moms bisa saja mengalami bengkak pada ketiak atau leher yang bersamaan dengan rasa sakit di lokasi bekas luka.

Bengkak Pada Bagian Lain
source: https://www.honestdocs.id/

Tanda-Tanda Sayatan Normal, Pasca Operasi Caesar

Jika Moms merasakan hal-hal berikut pada bekas sayatan pasca caesar, itu artinya jahitan operasi Moms normal dan tidak ada infeksi. Berikut tanda-tandanya, Moms.

  • Nyeri pada bekas sayatan, nyeri terjadi karena lapisan jaringan dipotong dan ditembus untuk mencapai rahim sehingga ada rasa nyeri setelah pasca operasi. Rasa sakit seperti ini biasanya mereda setelah Moms minum obat penghilang rasa sakit.
  • Kulit kering pada bekas sayatan, kulit yang mulai mengering menandakan bekas luka sudah mulai sembuh. Moms bisa memberikan krim obat yang diresepkan dokter. Krim ini berguna untuk menjaga agar bekas luka tetap bersih dan tidak kering.
  • Rasa gatal, rasa gatal juga terjadi pada bekas luka yang mulai sembuh. Namun jangan digaruk ya, Moms. Jika digaruk bisa menyebabkan perdarahan.

Nah Moms, itu tadi tanda-tanda infeksi pada bekas sayatan operasi caesar yang harus Moms waspadai. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.