Manfaat Saffron Untuk Kecantikan
​​​​​​

Mungkin tak akan ada yang mengira kalau rempahyang sekilas mirip cabai kering ini ternyata berasal dari kepala putik bunga dengan warna ungu yang sangat cantik. Selain bermanfaat bagi kecantikan, rempah saffron yang kerap dijadikan bumbu oleh orang di Timur Tengah, Eropa dan Asia ini juga berkhasiat untuk kesehatan seperti mengandung antioksidan dan zat antikanker, baik untuk jantung, dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol sampai dengan berguna untuk mengatasi stress dan depresi.

Sedangkan dari segi kecantikan, saffron bermanfaat untuk mengurangi flek hitam di wajah, melembapkan kulit wajah, menghilangkan kantung mata atau mata panda, mencerahkan kulit, mengobati jerawat dan mengatasi komedo, mencegah penuaan dan mencegah rambut rontok, Moms. Maka tak heran jika sudah sejak lama menjadi bahan pendukung berbagai produk kecantikan kulit.

Ragam Manfaat Saffron untuk Kecantikan, Rempah Mahal yang Bisa Mencerahkan Wajah

Mencerahkan Kulit
​​​​​​

Jenis rempah yang harga per gramnya bisa mencapai ratusan ribu rupiah ini berkhasiat sebagai bahan alami dalam mencerahkan kulit. Dua hingga 3 helai Saffron dapat Moms campurkan dengan 1 sendok teh bubuk kayu cendana. Lalu, campurkan juga 2 sendok susu. Setelah semua bahan tercampur, oleskan merata pada bagian wajah yang telah dibersihkan sambil melakukan pijatan memutar. Biarkan mengering selama kurang lebih 20 menit lalu bilas.

Moms juga bisa mengkombinasikan saffron dengan bahan alami yang lebih mudah didapatkan seperti madu, lemon, lidah buaya, susu dan putih telur untuk mencerahkan kulit.

Ragam Manfaat Saffron untuk Kecantikan, Rempah Mahal yang Bisa Mencerahkan Wajah
baca juga

Mengatasi Jerawat dan Komedo

Bahan yang kerap digunakan sebagai pewarna makanan ini juga dipercaya mampu mengobati jerawat dan menghilangkan komedo, Moms. Untuk mengatasi jerawat dan komedo, Moms hanya perlu menumbuk saffron dengan campuran daun kemangi. Lalu aplikasikan pada wajah dan diamkan sekitar 10 – 15 menit, kemudian bilas dengan air. Jangan lupa lakukan secara rutin ya, Moms. Selain daun kemangi, Moms juga bisa mencampurkan saffron dengan daun basil untuk mengobati jerawat.

Ragam Manfaat Saffron untuk Kecantikan, Rempah Mahal yang Bisa Mencerahkan Wajah

Mengatasi Mata Panda
​​​​​​

Kantung mata dan warna gelap di area bawah atau sekitar mata memang seringkali menganggu dan seketika bikin wajah terlihat tidak fresh ya, Moms. Menghilangkan kesan mata panda merupakan salah satu manfaat saffron untuk kecantikan.

Caranya pun cukup mudah, yaitu rendam bunga saffron ke dalam air bersih dan diamkan semalaman, keesokan harinya tambahkan minyak kelapa ke dalam air rendaman. Kemudian terapkan pada daerah kulit mata terutama bagian bawah dan lakukan juga pijatan lembut. Coba terapkan rutin setiap hari dan lihat perbedaannya, Moms.

Ragam Manfaat Saffron untuk Kecantikan, Rempah Mahal yang Bisa Mencerahkan Wajah
baca juga

Mencegah Rambut Rontok
​​​​​​

Untuk menggunakan saffron yang mengandung antioksidan sebagai bahan alami pencegah rambut rontok, campurkan beberapa helai saffron yang telah ditumbuk halus ke dalam susu dan akar manis (licorice) yang juga dikenal bagus untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Aduk semua bahan hingga membentuk pasta, lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit kepala.

Diamkan selama 15 menit hingga meresap, lalu bilas kembali kulit kepala dengan air dingin. Penggunaan masker saffron yang dilakukan secara rutin, selain dapat mencegah rambut rontok juga sekaligus dapat melebatkan rambut, Moms.

Ragam Manfaat Saffron untuk Kecantikan, Rempah Mahal yang Bisa Mencerahkan Wajah