1. Kanker Anak

Paparan racun yang terdapat dalam zat rokok akan menyebabkan risiko kanker pada anak seperti leukimia. Sebaiknya mom berpikir kembali ketika merokok saat hamil, sebelum bahaya penyakit akan menyerang si calon buah hati. 
 

source: https://babycenter.com



 

2. Gangguan Down Syndrome

Berbagai zat beracun dalam rokok seperti nikotin, karbon monoksida, dan methanol bisa mengancam tumbuh kembang dan risiko anak menderita down syndrome. Selain itu risiko besar lainnya yakni bayi dikhawatirkan terkena cacat jantung bawaan.
 

source: https://babycenter.com



 

baca juga

3. Gangguan Perilaku (ADHD)

ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder yakni gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan perilaku anak menjadi hiperaktif dan impulsif (bertindak tanpa berpikir). Sedangkan gejalanya hiperaktif, anak akan susah diam, bergerak kesana- kemari, memanjat sesuatu, gelisah dan tidak bisa duduk tenang. 
 

source: https://www.boldsky.com



 

4. Berat Badan Tidak Normal

Bagi ibu yang merokok saat hamil akan berisiko besar si calon buah hati lahir dengan berat badan yang tidak sesuai dengan semestinya. Biasanya ini terjadi karena bayi lahir prematur dimana berat badan si kecil kurang dari 2,5 kilogram. Selain itu organ-organ tubuh si kecil juga belum terbentuk dan berkembang secara sempurna. 
 

source: https://babycenter.com