Jus Wortel

Jus pertama yang tidak boleh Mommy lewatkan sebagai variasi menu sarapan adalah jus wortel. Pasalnya, manfaat kesehatan dari jus wortel ini memang tidak ada habisnya. Wortel tidak hanya membantu membersihkan tubuh dengan menghilangkan racun, tetapi juga kaya akan vitamin A dan E. Kombinasikan dengan perasan air lemon untuk memberikan tambahan rasa yang lebih menyegarkan.

Menu Sarapan Sehat, Intip Variasi Jus Buah dan Sayur untuk Lancarkan Pencernaan
source: https://food.ndtv.com/

Jus Akar Bit

Selanjutnya, cobalah untuk membuat jus akar buah bit. Mommy pasti sudah tahu kan jika buah bit sangat bermanfaat dalam membantu meningkatkan energi karena kaya akan zat besi dan serat. Buah ini juga dapat membersihkan darah serta membuang racun dari tubuh. Jus ini juga diyakini dapat mengontrol tekanan darah dengan memperlebar aliran pembuluh darah. Jadi, Mommy yang memiliki tekanan darah tinggi, jangan lupa coba jus ini, ya!

Menu Sarapan Sehat, Intip Variasi Jus Buah dan Sayur untuk Lancarkan Pencernaan
source: https://www.oliveoilsfromspain.org/
baca juga

Jus Apel

Buah yang satu ini memang terkesan biasa saja dan paling praktis. Namun, apel sendiri juga merupakan sumber mineral yang baik bagi tubuh, lho. Kandungan zat besi di dalamnya dapat membantu mencegah anemia. Pastikan Mommy mencuci apel dan membuat biji serta bagian tangkainya. Hasilnya adalah jus yang keruh dan memiliki serat. Namun, jus apel seperti ini mengandung lebih banyak senyawa antioksidan. Jadi, lebih direkomendasikan daripada versi yang dijual instan di supermarket.

Menu Sarapan Sehat, Intip Variasi Jus Buah dan Sayur untuk Lancarkan Pencernaan
source: https://www.healthline.com/

Jus Semangka dan Mentimun

Menggunakan dua atau lebih bahan untuk jus kombinasi juga sangat direkomendasikan untuk Mommy coba. Salah satu yang harus Mommy coba adalah kombinasi jus semangka dan mentimun. Kedua bahan sederhana ini dapat berperan dalam membantu menghidrasi tubuh dan menghilangkan racun serta meningkatkan kerja sistem pencernaan.

Menu Sarapan Sehat, Intip Variasi Jus Buah dan Sayur untuk Lancarkan Pencernaan
source: https://foodwithfeeling.com/
baca juga

Jus Nanas

Terakhir, jangan lupa untuk sesekali membuat jus nanas sebagai menu sarapan enak di pagi hari. Sepotong nanas yang manis tidak hanya akan sangat menyegarkan untuk dijadikan jus saat sarapan, tetapi juga memberikan asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan. Pasalnya, nanas adalah sumber Vitamin C, E, K, B-6, magnesium dan potasium yang sangat baik. Bahkan, sebuah penelitian di tahun 2005, oleh para peneliti dari Institut Riset Medis Queensland di Australia, mengungkap bahwa bromelain (salah satu enzim yang ditemukan dalam nanas) dapat bermanfaat dalam memberikan perlindungan terhadap pertumbuhan tumor dan melanoma.

Menu Sarapan Sehat, Intip Variasi Jus Buah dan Sayur untuk Lancarkan Pencernaan
source: https://www.indiamart.com/

Itulah beberapa ide untuk variasi menu jus buah dan sayur di pagi hari sebagai salah satu menu sarapan sehat. Semua jus tersebut secara umum juga dapat berfungsi sebagai prebiotik yang bekerja baik memperlancar organ pencernaan. Jadi, tunggu apalagi? Selamat berinovasi dengan jus untuk sarapan, ya!