Diet ketogenic atau biasa dikenal diet keto mengharuskan pelakunya memilih makanan yang rendah gula dan karbohidrat. Pelaku diet keto hanya mengandalkan makanan yang tinggi lemak. Dengan makanan yang tinggi lemak, perut akan merasa lebih kenyang. Diet keto juga dipercaya dapat mencegah moms dari berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, Alzheimer, dan epilepsi sehingga banyak yang tertarik dengan diet keto.

Berbagai makanan yang biasanya dikonsumsi pelaku diet keto antara lain daging ayam, daging sapi, daging kambing, ikan, bebek, telur, alpukat, teh, dan kopi. Namun ada beberapa makanan yang harus dihindari pelaku diet keto karena bisa merusak program diet keto moms.
 

Anggur

Meski makanan ini merupakan jenis buah-buahan yang bagus untuk tubuh karena kaya anti-oksidan, vitamin C dan rendah kalori, akan tetapi tidak cocok dikonsumsi bagi moms yang sedang menjalani diet keto. Kenapa sih moms harus menghindari makan anggur? Karena anggur mengandung karbohidrat tidak sehat bagi tubuh, sekaligus jumlah fruktosa yang tinggi pada anggur juga bisa merusak diet keto moms.
 

Anggur
baca juga

Keju

Sebenarnya pelaku diet sering menjadikan keju sebagai menu makanan dietnya. Tapi sebenarnya kandungan lemak pada keju akan memperlambat hasil dari diet keto. Meski pelaku diet keto mengandalkan makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat seperti keju, moms harus membatasi dan kalau perlu menghindari makan keju.
 

Keju

Oats dan Roti Gandum

Roti gandum biasanya dijadikan pengganti roti putih yang mengandung karbohidrat jahat. Selain itu, pelaku diet juga mengonsumsi oats sebagai menu diet karena dapat menahan rasa lapar, sebagai detoksifikasi tubuh, menambah energy, dan mengatasi sembelit. Tapi kedua makanan ini yakni roti gandum dan oats memiliki karbohidrat yang memperburuk hasil dari ketosis tubuh sehingga diet keto moms bisa gagal.
 

Oats dan Roti Gandum
baca juga

Pisang

Makanan ini sangat baik untuk menambah energi dan meningkatkan fungsi otak. Namun, pisang tidak bagus dikonsumsi bagi pelaku diet keto karena kandungan karbohirat pada makanan tersebut sangat tinggi. Sebaiknya hindari mengonsumsi pisang atau moms bisa ganti pisang dengan buah semangka.
 

Pisang

Jagung

Sama halnya dengan pisang, jagung mengandung karbohidrat yang sangat tinggi sehingga diet keto moms tidak efektif. Walaupun jagung kaya akan mineral, protein dan vitamin, jika moms sedang diet keto, sebaiknya tidak dikonsumsi, ya.
 

Jagung

Madu

Madu pun dipilih untuk membantu menurunkan berat badan dan dapat menurunkan risiko diabetes. Namun, madu harus dihindari agar diet keto moms berhasil, karena madu mengandung fruktosa yang tinggi sehingga hasil dari diet keto akan lambat.
 

Madu

Minuman Manis

Makanan manis wajib dihindari pelaku diet keto, apalagi minuman manis dengan kadar gula tinggi. Jangan berharap diet keto akan berhasil jika moms masih tetap mengonsumsi minuman manis. Minuman manis dalam kemasan maupun jus buah yang mengandung gula wajib dihindari.
 

Minuman Manis

Wortel

Makanan yang terakhir adalah wortel yang kaya manfaat khususnya untuk kesehatan mata. Kandungan karbohidrat pada wortel sangat tinggi. Jadi, moms harus menghindari wortel, paling tidak kurangi mengonsumsi wortel.
 

Wortel