Beberapa tanaman hias ini mengandung racun yang mematikan sehingga Moms harus berhati-hati dalam memilihnya. Tanaman hias yang sering ditempatkan sebagai dekorasi ruangan ini ternyata memiliki kandungan toksin yang dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Akan sangat berbahaya jika tanaman hias beracun ini tersentuh anak-anak ataupun hewan peliharaan Moms. Yuk simak 7 tanaman hias beracun yang perlu Moms waspadai:

Sri Rejeki

Sri Rezeki merupakan tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Sri rejeki tanaman hias beracun yang umum digunakan dan sering kita temukan. Bentuk daunnya yang lebar dan sedikit dengan warna yang memuda di bagian tengahnya menjadi daya tarik tanaman hias ini.

Namun, siapa yang menyangka kalau ternyata getah pada tanaman ini mengandung racun yang dapat mengakibatkan pembekakan di mulut dan lidah, gatal-gatal, dan gangguan pernafasan. Hal ini dapat terjadi saat termakan oleh anak-anak ataupun hewan peliharaan dalam jumlah yang banyak. Selain itu akibat yang lebih fatal dari mengkonsumsi tanaman hias beracun ini adalah dapat mengakibatkan kejang-kejang.

Indah Dipandang, 7 Tanaman Hias Ini Ternyata Beracun dan Berbahaya untuk Anak

Philodendron

Philodendron dikenal karena keindahan warna-warni dan bentuk daunnya yang melengkung serta melancip dibagian ujungnya. Philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau taman. Karena memiliki bentuk yang kecil dan tumbuh merambat, tanaman hias beracun ini sering digunakan sebagai bunga hias gantung. Selain itu, tanaman hias beracun ini juga mudah dibudidayakan karena cukup adaptif. Yang membuat tanaman indah ini beracun terdapat pada bagian daunnya. Jika termakan bisa menyebabkan bibir, lidah dan tenggorokan membengkak. Moms tidak disarankan untuk memiliki tanaman hias ini di rumah karena dikhawatirkan akan membahayakan anak.

Philodendron
baca juga

Kuping Gajah

Tanaman hias kuping gajah mungkin sudah tidak asing lagi bagi Moms. Tanaman beracun ini sebenarnya memiliki nama umum Keladi Hias, berasal dari nama genusnya Caladium. Namun, bentuk daunnya yang seperti kuping gajah membuatnya lebih dikenal dengan nama tersebut. Tanaman hias beracun ini juga dikenal dengan warna daunnya yang selalu segar dan tidak mudah kering.

Setiap bagian dari tanaman hias ini mengandung racun. Apabila sengaja termakan oleh hewan peliharaan atau anak-anak. Efek yang disebabkan yaitu mulut dan lidah akan membengkak jika tanaman ini termakan. Selain itu, efek jangka panjang pada tanaman hias ini bisa mengakibatkan kesulitan pernafasan.

Kuping Gajah

Selendang Putih (Peace Lily)

Selendang putih memang merupakan tanaman hias yang baik ditempatkan di dalam ruangan. Karena tanaman ini termasuk ke dalam tanaman hias yang hanya tumbuh dalam kondisi intensitas cahaya yang rendah. Tanaman hias beracun ini memiliki bunga berwarna putih kelam dan daun berwarna hijau tua. Sesuatu yang unik dari tanaman ini, semakin tua Selendang Putih warna daunnya pun akan ikut menua, menjadi lebih gelap. Namun Moms harus memikirkan lagi jika ingin menempatkan tanaman hias ini karena gejala yang ditimbulkan pada setiap bagian daun dan bunga dari tanaman hias beracun ini, jika tertelan dapat mengakibatkan mulut sampai tenggorokan terasa terbakar, muntah-muntah, dan sakit perut. Bahkan tanaman selendang putih yang cantik ini bisa menyeabkan kematian apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Selendang Putih (Peace Lily)
baca juga

Tanaman Dolar

Tanaman dolar biasa ditempatkan di dinding rumah. Meskipun tanaman dolar cocok ditempatkan di dalam ruangan karena dapat tumbuh di tempat yang tidak terlalu terang. Namun seluruh bagian dari tanaman ini mengandung racun. Tanaman hias ini mengandung senyawa oksalat yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit. Setiap Moms habis menyentuh tanaman hias beracun ini, cucilah tangan Moms dengan cairan yang mengandung antitoksin atau Moms bisa menggunakan sarung tangan.

Tanaman Dolar

English Ivy

English Ivy atau sering juga disebut dengan daun ivy adalah tanaman hias beracun yang bentuk daunnya unik dan lebar. English ivy biasanya digantung pada teras rumah, karena tanaman ini tumbuhnya menjulur sehingga biasa digunakan sebagai tanaman gantung. Bagian daunnya mengandung racun yang apabila tertelan dapat menyebabkan iritasi kulit, pembekakan di tenggorokan, bahkan demam. Jika hewan peliharaan Moms yang memakannya akan mengakibatkan gangguan kesehatan, seperti diare dan muntah-muntah. Gejala ini akan timbul jika tanaman hias beracun ini dikonsumsi dalam jumlah banyak.

English Ivy

Lidah Mertua

Lidah Mertua meruapakan salah satu tanaman yang populer digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Namun lidah mertua ternyata mengandung racun. Moms harus menghindari tanaman hias ini dari jangkauan anak-anak ataupun hewan. Meski memiliki kadar racun yang tidak begitu tinggi, apabila dimakan dengan jumlah yang banyak dapat memberi akibat efek samping muntah-muntah dan diare.

Lidah Mertua