1. Pijat Lembut Gusinya

Saat gigi bayi mulai tumbuh ia akan merasakan tidak nyaman pada bagian gusi seperti nyeri, gatal dan air liur yang terus keluar. Cara mengatasinya mom pijat atau tekan-tekan lembut bagian gusinya menggunakan kain kasa. Cara tersebut dapat membuat bayi merasa nyaman dan meredakan rasa nyeri atau gatal pada gusi si kecil. 
 

source: https://www.pinterest.co.uk



 

2. Berikan Si Kecil Camilan

Saat mengunyah makanan atau camilan bayi akan merasa lebih nyaman dan lupa akan rasa sakit pada gusi. Mom bisa memberikan camilan seperti biskuit lembut, wortel rebus, atau sayuran lainnya yang sudah dikukus terlebih dahulu. 
 

source: http://www.socialmoms.com



 

baca juga

3. Teether (mainan untuk digigit)

Ketikia si kecil merasakan gatal pada gusinya, ia membuatuhkan sesuatu yang bisa digigit untuk mengurangi rasa gatal atau nyeri pada gusinya. Mom bisa memberikan ia teether yang bisa ia gigit-gigit untuk membuatnya merasa nyaman. Selain itu lebih selektif dalam memilih teether untuk gigi bayi dan pastikan dengan kualitas yang baik. 
 

source: http://www.parents.com



 

4. Jaga Kebersihan Rongga Mulut Si Kecil

Setelah si kecil menyusu sebaiknya langsung bersihkan rongga mulut bayi dengan menggunakan kain bersih atau kain kasa. Hal tersebut untuk menjaga mulut si kecl tetap bersih dari sisa makanan atau asi yang menempel. 
 

source: http://www.newkidscenter.com