Kembang sepatu atau yang memiliki nama lain hibiscus bisa menjadi bahan dasar teh, lho. Teh kembang sepatu merupakan jenis minuman herbal yang kaya manfaat dan baik untuk kesehatan. Berbeda dengan teh pada umumnya, teh kembang sepatu memiliki warna merah terang seperti sirup. Teh kembang sepatu pun memiliki kandungan polifenol yang berfungsi untuk menguatkan tubuh. Banyak manfaat teh kembang sepatu untuk kesehatan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Mencegah Kanker

Teh kembang sepatu dipercaya menjadi minuman herbal anti-kanker dan anti-tumor jika dikonsumsi secara teratur. Hal tersebut dikarenakan teh kembang sepatu memiliki kandungan polifenol yang tinggi, serta mengandung asam protokatechuat. Pertumbuhan sel kanker pun akan melambat, karena teh ini juga bersifat antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Mencegah Kanker
baca juga

Menurunkan Kolesterol

Tentu kelebihan kolesterol tidak enak sekali, moms. Kolesterol jahat juga bisa menyebabkan penyakit lain berserang ditubuh seperti jantung, masalah pada saraf, nyeri di dada dan kerusakan pembulu darah. Selain itu teh kembang sepatu bisa membantu moms menurunkan berat badan. Bagi moms yang tengah menderita penyakit kolesterol wajib meminum teh kembang sepatu secara rutin.

Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Gula Darah

Teh kembang sepatu yang bersifat hypolipidemic dan hypoglycemic yang bantu menurunkan kadar gula darah. Sehingga teh ini cocok dikonsumsi penderita diabetes. Sementara diabetes bisa disebabkan pula karena kolesterol tinggi, dan diabetes bisa menyebabkan gagal ginjal dan penyakit lainnya. Selain mengontrol makanan, moms bisa konsumsi teh kembang sepatu.

Menurunkan Gula Darah
baca juga

Membantu Penyembuhan Luka

Vitamin C dan mineral yang terkandung pada teh kembang sepatu dipercaya dapat menyembuhkan luka sariawan dan bisul, moms.

Membantu Penyembuhan Luka

Meredakan Nyeri Haid

Saat sedang haid, perubahan hormon akan terjadi seperti timbul rasa nyeri pada perut, mood tak terkontrol, bahkan merasa depresi. Teh kembang sepatu dipercaya dapat mengatasi rasa nyeri ketika haid. Kandungan flavonoid dan vitamin berfungsi sebagai anti-depresan sekaligus dapat menenangkan sistem saraf.

Meredakan Nyeri Haid

Mengatasi Masalah Pencernaan

Dengan mengonsumsi teh kembang sepatu, metabolisme tubuh akan tetap terjaga, tekanan darah juga akan tetap terkontrol dengan baik. Untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit, teh ini bisa menjadi pengganti buah papaya karena teh ini bersifat diuretik.

Mengatasi Masalah Pencernaan