Moms, keindahan kembang sepatu tak hanya dapat mempercantik taman. Bunga yang disebut Hibiscus rosa-sinensis ini ternyata juga memiliki segudang manfaat. Salah satunya untuk mengatasi solusi masalah rambut Anda. Mulai dari ketombe, rambut bercabang, mengurangi kerontokan serta mengembalikan ketebalan rambut. Selain itu bisa juga lho menjadi pewarna rambut alami. Penasaran bagaimana cara memanfaatkan bunga yang satu ini?

Cara Membuat Masker Kembang Sepatu Untuk Rambut

  1. Moms bisa siapkan 6-8 helai kembang sepatu segar dan daun kembang sepatu segar. Pisahkan kelopaknya dan cuci keduanya. 
  2. Tumbuk halus keduanya hingga menyerupai pasta.
  3. Ambil 3-4 sendok makan minyak kelapa dalam wadah dan panaskan sebentar. Angkat dari api, biarkan dingin dan tambahkan pasta kembang sepatu.
  4. Setelah tercampur masker kembang sepatu siap digunakan. Moms bisa mulai mengoleskan campuran tersebut ke seluruh kulit kepala dengan ujung jari.
  5. Oleskan juga ke setiap helai rambut hingga ke ujung. Setelah selesai diamkan selama 30-40 menit. Lalu bilas dengan menggunakan sampo ringan. Ulangi 1-2 kali dalam seminggu.
Cara Membuat Masker Kembang Sepatu Untuk Rambut
baca juga

Membuat Conditioner Dari Kembang Sepatu

Moms juga dapat melanjutkan perawatan dengan menggunakan kembang sepatu sebagai conditioner. Caranya membuatnya sebagai berikut ini:

  1. Siapkan 10-15 daun dan kembang sepatu.
  2. Cuci bersih keduanya dan hancurkan menggunakan blender atau dengan cara ditumbuk
  3. Tambahkan 1 cangkir air lalu saring
  4. Oleskan ekstrak daun dan bunga kembang sepatu pada kulit kepala dan rambut
  5. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air dingin.
Membuat Conditioner Dari Kembang Sepatu

Cara Membuat Pewarna Rambut Dari Kembang Sepatu

Anda juga bisa memanfaatkan bunga kembang sepatu untuk mewarnai rambut. Berbahan alami tentu tidak memiliki efek seburuk cat rambut berbahan kimia. Bunga kembang sepatu dapat merubah warna rambut moms menjadi warna merah. Berikut caranya membuatnya:

  1. Rebus air dalam wadah hingga mendidih.
  2. Masukkan 1 cangkir kembang sepatu atau moms bisa menggunakan teh kembang sepatu sebanyak 3-5 kantung.
  3. Biarkan hingga dingin. Lalu saring dan masukan air ke dalam botol semprot.
  4. Pewarna rambut siap digunakan. Moms bisa semprotkan pada rambut yang ingin diwarnai.
  5. Diamkan selama 1 jam. Untuk hasil maksimal, pastikan rambut kering setelah disemprot. Jika perlu berdirilah di bawah terik matahari.
  6. Bilas dan lakukan keramas seperti biasa menggunakan air dingin.
Cara Membuat Pewarna Rambut Dari Kembang Sepatu
baca juga

Cara Membuat Sampo Kembang Sepatu

Untuk hasil secara maksimal moms bisa melakukan perawatan rambut dengan kembang sepatu. Termasuk keramas dengan sampo yang terbuat dari kembang sepatu. Anda bisa menggunakannya dengan conditioner bunga kembang sepatu. Cara membuat sampo kembang sepatu:

  1. Siapkan bunga dan daun kembang sepatu secukupnya. Cuci bersih lalu hancurkan keduanya. Jika sulit menemukan bunga kembang sepatu, moms bisa menggunakan bubuk kembang sepatu yang banyak beredar di pasaran.
  2. Tambahkan air bersih.
  3.  Setelah bahan sudah menjadi pasta tambahkan sedikit olive oil. Aduk rata. Sampo bisa siap digunakan. Moms bisa juga memasukannya ke dalam wadah. Jadi bisa digunakan sewaktu-waktu.
Cara Membuat Sampo Kembang Sepatu