Skizofrenia Adalah

Skizofrenia merupakan suatu penyakit mental yang menimbulkan gangguan pada proses berpikir seseorang. Penyakit ini sering disebut juga 'gila'. Namun, ada beberapa yang berpendapat bahwa penyakit ini tidak sama dengan 'gila' yang sering kita dengar di Indonesia. Penderita penyakit ini akan mengalami kekacauan proses berpikir, halusinasi, delusi, bahkan sampai tidak bisa mengingat sesuatu.

Mengenal Gangguan Mental Skizofrenia, Kenali Penyebab dan Ciri-cirinya
source: http://www.socatlab.com/assets/img/events/sch.jpg

Penyebab Skizofrenia

Belum diketahui pasti apa penyebab dari penyakit skizofrenia. Namun, stress disebut sebagai pemicu seseorang terserang skizofrenia. Selain itu, ada beberapa faktor yang dikaitkan dengan munculnya penyakit ini pada seseorang. Faktor pertama yaitu faktor genetik. Umumnya, seseorang yang berasal dari keluarga penderita skizofrenia, 10% lebih beresiko mengidap penyakit ini. Faktor selanjutnya yaitu faktor kimia otak. Terdapat ketidakseimbangan antar zat kimia pada otak yang menyebabkan otak tidak bekerja dengan sempurna. Faktor terakhir yaitu komplikasi kehamilan dan persalinan. 

Mengenal Gangguan Mental Skizofrenia, Kenali Penyebab dan Ciri-cirinya
source: https://www.erkekgozuyle.com/wp-content/uploads/2011/06/sizofreni-hastaligi.jpg
baca juga

Ciri-ciri Pengidap Skizofrenia

Ciri-ciri seseorang yang terjangkit skizofrenia bermacam-macam, tergantung pada tingkat keparahan penyakit tersebut. Umumnya, penderita akan sering berdelusi dan berhalusinasi. Selain itu mereka akan sulit berkonsentrasi dan sulit diajak bicara karena apa yang mereka bicarakan terkadang tidak masuk akal. Penderita penyakit ini juga akan sangat sulit berkonsentrasi dan sering melakukan gerakan yang berbeda dengan orang pada umumnya. ciri lainnya yaitu pengidap penyakit ini akan sulit tidur, tidak peduli dengan kebersihan dan penampilan, ketakutan bila berada di tempat ramai, menarik diri dari lingkungan sosial, dan lain-lain.

Mengenal Gangguan Mental Skizofrenia, Kenali Penyebab dan Ciri-cirinya
source: https://health.clevelandclinic.org/wp-content/uploads/sites/3/2018/10/Schizophrenia-887982354.jpg

Cara Mengobati Skizofrenia

Penderita penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total, namun ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk menangani beberapa gehala penyakit ini. Cara yang dapat dilakukan diantaranya pemberian obat-obatan dan terapi kognitif. Biasanya, penderita skizofrenia akan ditangani oleh psikolog dan psikiater. Untuk beberapa kasus tertentu, rumah sakit jiwa bisa menjadi pilihan untuk merawat penderita skizofrenia, karena kemanan, kebersihan, obat-obatan, dan hal penting lainnya akan lebih terjamin.

Mengenal Gangguan Mental Skizofrenia, Kenali Penyebab dan Ciri-cirinya
source: http://undepress.net/wp-content/uploads/2015/11/s1.ele_.ro_.jpg
baca juga

Cara Merawat Penderita Skizofrenia di Rumah

Jika ingin merawat penderita skizofrenia di rumah, dibutuhkan kemampuan dan strategi yang khusus agar pasien akan merasa aman dan dapat segera pulih kembali. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah diantaranya pelajari seluk-beluk dari penyakit skizofrenia sebaik mungkin,tetap berkonsultasi dengan dokter dan psikiater, pandu pasien untuk tetap mendapatkan perawatan medis, serta selalu dampingi pasien dimanapun dan kapanpun, terutama untuk tetap memberikan motivasi untuk kembali pulih dari penyakitnya.

Mengenal Gangguan Mental Skizofrenia, Kenali Penyebab dan Ciri-cirinya
source: https://www.ctvnews.ca/polopoly_fs/1.3004144.1469619208!/httpImage/image.jpg_gen/derivatives/landscape_620/image.jpg

Demikian beberapa informasi mengenai penyakit skizofrenia. Semoga bermanfaat ya!