Dampak Buruk Sering Memarahi anak

Memarahi anak secara wajar memiliki beberapa manfaat untuk mendisiplinkan anak dan memberitahu mana yang boleh dan tidak boleh dikerjakan. Namun, sering memarahinya hanya karena alasan yang sepele akan berdampak buruk bagi kepribadian si kecil. Berikut ini beberapa dampak negatif yang diakibatkan oleh aktivitas memarahi anak.

Anak Menjadi Tidak Percaya Diri

Saat dimarahi, anak akan merasa bersalah atas apa yang telah dilakukannya dan membuat orangtuanya marah. Jika hal tersebut sering terjadi, maka anak akan berpikir bahwa apa yang dia lakukan selalu saja salah. Selanjutnya, mereka tidak akan berani tampil dengan percaya diri, karena sudah tertanam di pikirannya bahwa apa yang mereka lakukan akan selalu salah. Oleh karena itu, sebaiknya para orangtua lebih memikirkan alasan dan cara marah yang baik kepada si kecil.

Dampak Buruk Sering Memarahi anak
source: http://www.centerforanxiety.org/wp-content/uploads/2018/09/Depositphotos_81459572_m-2015-1000x675.jpg
baca juga

Anak Egois dan Keras Kepala

Jika si kecil terus dimarahi, maka mereka akan menjadi pribadi yang egois dan keras kepala. Selain mencotoh sikap orangtuanya yang keras, si kecil juga akan membentuk perlindungan diri dan menutupi kebencian terhadap kemarahan orangtuanya. Hal tersebut dapat membuat si kecil akan tidak mementingkan lingkungan sekitar, melainkan hanya memikirkan kepentingannya sendiri. Selain itu, mereka juga akan memiliki sifat yang keras kepala dan tidak mau kalah jika sudah berinteraksi dengan lingkungan di luar rumahnya.

Dampak Buruk Sering Memarahi anak
source: https://www.goodtherapy.org/blog/blog/wp-content/uploads/2014/08/envious-boy-watching-another-boy-eat.jpg

Tumbuh Menjadi Pemberontak dan Apatis

Dimarahi sekali dua kali, mungkin anak akan tidak mengulangi kesalahannya. Namun, bila dimarahi menjadi 'makanan' sehari-harinya, maka lama kelamaan si kecil akan menganggap bahwa dimarahi itu bukan sesuatu yang spesial lagi, dan nantinya mereka akan memberontak karena lelah sering dimarahi. Selain itu si kecil juga bisa menjadi pribadi yang apatis dan tidak ingin bersosial, serta mementingkan kepentingannya sendiri.

Dampak Buruk Sering Memarahi anak
source: https://herviewfromhome.com/wp-content/uploads/2018/01/shutterstock_561661168.jpg

Demikian beberapa dampak negatif memarahi anak. Semoga bermanfaat ya Moms!