Jadilah Contoh Untuk Anak

Seorang anak merupakan cerminan dari orangtuanya. Segala sesuatu yang ia dapatkan dari lingkungan tempat ia dibesarkan akan membentuk kepribadian dan karakternya. Selain itu, anak juga melihat orangtua sebagai pusat bagi kehidupannya. Jadi, usahakan untuk tidak menampilkan terlalu banyak aktivitas dengan bermain gadget saat di rumah. Perbanyaklah menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Dengan memberikan contoh untuk tidak menghabiskan banyak waktu pada gadget akan membuat anak sadar bahwa gadget bukanlah sesuatu yang penting dan harus selalu digunakan.

Tips Mengendalikan Gadget Time, Cegah Anak Ketagihan Gadget Sejak Dini
source: https://www.apa.org/

Buat Zona Tanpa Gadget Di Rumah 

Untuk mengurangi ketergantungan pada gadget, orangtua harus membatasi penggunaan teknologi di beberapa area rumah. Buatlah aturan mengenai area atau tempat di rumah yang terlarang untuk menggunakan gadget. Salah satu contohnya adalah area meja makan, di mana semua orang harus makan bersama tanpa ada satupun yang menundukkan kepala untuk melihat gadget mereka. Selain itu, kamar juga berisiko menjadi tempat bermain gadget sebelum tidur. Jika dibiarkan, banyak anak yang tidur larut malam hanya karena bermain gadget. Untuk itu, kamar juga bisa menjadi tempat dilarang untuk bermain gadget.

Tips Mengendalikan Gadget Time, Cegah Anak Ketagihan Gadget Sejak Dini
source: https://www.rd.com/
baca juga

Buat Jadwal Aktivitas Teknologi

Baik itu untuk menonton televisi, bermain di tabletnya, atau menggunakan smartphone, semua harus memiliki jadwal yang tetap. Pembuatan jadwal ini akan membuat anak lebih sadar akan waktu dan tanggung jawabnya dalam menjalani aktivitas lain. Membuat jadwal seperti ini juga akan menjaga anak dari beragam risiko kesehatan dan perkembangannya. Pastikan juga si kecil tidak bermain gadget di waktu belajar atau masa ujian sekolah. Batas bermain gadget rata-rata adalah 1 jam per harinya.

Tips Mengendalikan Gadget Time, Cegah Anak Ketagihan Gadget Sejak Dini
source: https://www.sunlife.com/

Pastikan Gadget Digunakan Secara Positif Oleh Anak 

Membatasi penggunaan gadget masih belum cukup. Mommy juga perlu memperhatikan dengan benar penggunaan gadget oleh anak itu sendiri. Jangan sampai ia melihat atau membaca media-media yang memberikan informasi tidak semestinya. Bermain game online berlebihan juga perlu dibatasi agar tidak berdampak pada kemampuan belajar dan fokus anak. Mommy dapat memantau terus aplikasi yang digunakan anak selama bermain gadget. Pastikan itu semua memiliki manfaat dari segi pendidikan anak. Sebenarnya ada cukup banyak pilihan aplikasi gadget yang bermanfaat untuk memberikan manfaat seputar perkembangan kognitif anak.

Tips Mengendalikan Gadget Time, Cegah Anak Ketagihan Gadget Sejak Dini
source: https://www.synovus.com/


Itulah empat cara tepat mendidik anak untuk bisa bijaksana dalam menggunakan gadget. Ingat, gadget bukanlah hal yang harus dijauhkan dari kehidupan anak. Pastikan keberadaannya dapat memberikan dampak positif dan membantu tumbuh kembang si kecil menjadi lebih optimal.