Rekomendasi Tempat Duduk Yang Aman Untuk Anak Di Mobil

Saat berkendara dengan mobil bersama anak-anak, ada tahapan yang harus Mommy perhatikan agar keselamatannya dapat lebih terjaga. Bahkan, ada beberapa tahapan tentang bagaimana posisi anak harus duduk sesuai dengan usia, tinggi, dan berat badan mereka. 

Kapan Anak Mulai Diperbolehkan Duduk Di Kursi Depan Mobil?
source: https://www.abc.net.au/

Gunakan Car Seat Yang Menghadap Kursi (Belakang)

Untuk bayi yang masih berusia di bawah 1 tahun, khususnya bagi mereka yang masih 1-3 bulan, penggunaan car seat disarankan agar menghadap ke arah kursi atau arah belakang. Hal ini penting dalam memberikan perlindungan terbaik saat ada benturan dari kecelakaan terjadi. 

Kapan Anak Mulai Diperbolehkan Duduk Di Kursi Depan Mobil?
source: https://www.wave3.com/
baca juga

Pastikan Sabuk Pengaman Terpasang dengan Baik

Setelah berusia lebih besar, anak sudah bisa mulai menggunakan kurai mobil yang menghadap ke depan. Kursi mobil menghadap depan biasanya dianjurkan untuk anak usia 12 bulan hingga 5 tahun. Tentu penggunaannya juga disesuaikan dengan tinggi dan berat badan anak itu sendiri. Baik itu kursi mobil yang menghadap depan ataupun menghadap belakang, jangan pernah lupa untuk memasangkan sabuk pengaman dengan baik.

Kapan Anak Mulai Diperbolehkan Duduk Di Kursi Depan Mobil?
source: https://assets.babycenter.com/

Gunakan Booster Seat Untuk Anak Usia 5 Tahun Ke Atas

Saat anak sudah melampaui usia 5 tahun, ia mulai bisa menggunakan booster seat agar posisi duduknya dapat menyesuaikan seat belt mobil yang ada. Tahapan ini merupakan langkah terakhir sebelum akhirnya si kecil bisa duduk sendiri tanpa tambahan kursi dalam mobil. Pastikan bahwa sabuk pengaman mobil terpasang dengan posisi tepat di mana bagian horizontalnya terletak di atas paha atas (bukan perut) dan sabuk bahu diagonal terletak di atas dada (bukan leher).

Kapan Anak Mulai Diperbolehkan Duduk Di Kursi Depan Mobil?
source: https://www.express.co.uk/
baca juga

Saat Tepat Anak Bisa Duduk Tanpa Kursi Tambahan

Setelah sabuk pengaman dapat terpasang pas dengan benar tanpa kursi tambahan, si kecil sudah mulai bisa duduk sebagaimana orang dewasa dalam mobil. Pastikan Mommy selalu memasangkan sabuk pengaman di setiap perjalanan. Jangan lupa juga untuk selalu menjelaskan pentingnya penggunaan sabuk pengaman ini. Sabuk pengaman biasanya akan terpasang dengan baik saat anak mencapai tinggi 140 cm.

Kapan Anak Mulai Diperbolehkan Duduk Di Kursi Depan Mobil?
source: http://www.todaysparent.com/


Itulah beberapa hal penting seputar keamanan anak saat berkendara dengan mobil. Pastikan bahwa keamanan dan keselamatan anak adalah hal yang utama. Dengan begitu, perjalanan akan terasa lebih menenangkan tanpa harus khawatir dengan risiko kecelakaan yang menimpa anak.