1. Banyak Minum Air

Asupan air memiliki pengaruh yang besar pada tingkat kelembaban tubuh. Minum sedikit air akan mengakibatkan lebih sedikit produksi air liur. Inilah yang nantinya dapat membuat menjadi salah satu faktor mengapa bibir terasa sangat kering. Di sisi lain, hindari asupan teh dan kopi yang mengandung kafein. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena kafein bersifat diuretik yang artinya mendorong cairan untuk meninggalkan tubuh. Jika dikonsumsi berlebihan, asupan kafein dapat menyebabkan tubuh dehidrasi hingga bibir menjadi kering.

Tips Bibir Sehat, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kelembapan Bibir
source: https://www.businessinsider.com/

2. Gunakan Humidifier

Sel-sel kulit kita memiliki banyak faktor pelembab alami (NMF), yang bekerja menjaga elastisitas kulit dan mencegah bibir pecah-pecah dan kering. Orang-orang dengan kulit kering memiliki lebih sedikit NMF, sedangkan orang dengan kulit berminyak memiliki lebih banyak NMF. Tingkat kelembapan udara memiliki banyak pengaruh pada kondisi kulit. Saat udara terlalu panas dan kering, kelembapan kulit juga akan cepat menguap. Itulah sebabnya, mengatur kelembaban di udara sangat dianjurkan untuk menjaga kulit, termasuk bibir, tetap terhidrasi dan lembap.

Tips Bibir Sehat, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kelembapan Bibir
source: https://www.walmart.com/
baca juga

3. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin dengan Bahan Alami

Saat bibir kering, efek berupa bibir yang terkelupas kerap mengganggu penampilan serta menimbulkan rasa perih. Jika ini terjadi, pastikan Mommy tidak mengelupas apalagi menggigitnya untuk menghilangkan kulit mati pada bibir. Mommy dapat membuat sendiri scrub bibir dengan bahan alami di rumah. Cukup dengan mencampurkan gula dan minyak kelapa, lalu pijat dengan lembut ke bibir untuk menghilangkan kulit mati. Mommy juga dapat menggunakan waslap lembut untuk membantu pengelupasan kulit.

Tips Bibir Sehat, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kelembapan Bibir
source: https://www.goingevergreen.org/

4. Jangan Menjilati Bibir

Banyak orang mengira bahwa bibir kering dapat dilembapkan dengan cara dijilati. Padahal, menjilat bibir adalah kebiasaan terburuk yang harus dihindari, khususnya untuk mereka yang memiliki bibir kering. Sebagian besar orang mengira bahwa menjilati bibir dapat memberikan kelembapan bibir, sebenarnya yang terjadi sebaliknya. Air liur mengandung banyak enzim yang bekerja untuk membantu pencernaan makanan. Bayangkan apa yang dapat terjadi jika air liur terkena pada bibir yang lembut?

Tips Bibir Sehat, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kelembapan Bibir
source: https://www.agoramedia.com/
baca juga

5. Hindari Produk Pelembap Bibir

Pahami bahwa tidak semua produk pelembab bibir yang dijual di pasaran dapat benar-benar membuat bibir menjadi menjadi lebih terhidrasi. Banyak kandungan bahan kimia yang malah bekerja sebaliknya dan menyebabkan bibir pecah-pecah terus menerus. Itulah sebabnya, jangan menggantungkan diri pada produk di luaran sana yang sebenarnya tidak memberikan manfaat sama sekali. Beragam bahan alami di rumah bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah bibir kering dengan lebih baik, tanpa harus mengeluarkan uang lebih banyak tentunya.

Tips Bibir Sehat, Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Menjaga Kelembapan Bibir
source: https://www.medium.com/

Itulah beberapa kebiasaan yang harus diperhatikan untuk mencegah bibir kering dan rusak. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!