Cara Efektif Menyimpan Makanan Mesti Tanpa Kulkas

Daging Ayam dan Sapi

Daging ayam dan sapi, biasanya jadi bahan makanan yang penyimpanannya cukup sulit. Nah, cara menyimpan makanan tanpa kulkas lebih amanmya dengan mengurangi kandungan air yang ada di dalam daging agar terhindar dari serangan bakteri. Caranya bisa dengan merebus, menggoreng atau memanggang.

Sayuran

Untuk cara menyimpan sayuran, Moms harus perhatikan jenis sayurnya. Sayuran wortel dan kentang dapat disimpan hingga 3-5 hari pada suhu ruangan. Sedangkan untuk sayuran berakar seperti kangkung sebaiknya belilah lengkap dengan akar dan direndam dalam wadah yang berisi air agar tetap segar. 

Susu dan Yogurt

Menyimapn susu dan yogurt dalam kulkas bisa jadi adalah cara yang paling baik untuk mencegahnya terkontaminasi dan rusak. Bahkan menurut spesialis keamanan pangan di Clemson University, susu harus dijaga pada temperatur 7 derajat celcius lebih rendah. Namun walau demikian untuk Moms enggak perlu khawatir karena semua itu bisa diatasi dengan membeli produk susu dalam kemasan UHT. Bila masih tersisa, Moms dapat merebusnya tapi jangan menyimpan susu lebih dari sehari ya karena akan rusak. Nah, untuk menyimpan yogurt Moms bisa menyiapkan wadah dengan diisi es batu atau air dingin agar kualitasnya terjaga.

Cara Efektif Menyimpan Makanan Mesti Tanpa Kulkas

Telur, Mentega dan Selai

Sebuah studi dari only my health menemukan bahwa telur sebenarnya tidak perlu disimpan di kulkas untuk menjaga kesegarannya, sebab telur memiliki kutikula yang memastikannya untuk tetap segar Moms. Jadi cukup letakan telur pada wadah yang aman agar tidak rusak atau pecah. 

Nah, untuk mentega dan selai, Moms cukup memindahkannya dalam wadah bersih dan tertutup. Khusus untuk mentega sebaiknya bungkus juga dengan plastik dan rendam dalam wadah yang berisi air dingin agar mentega tak leleh jadi awet.

Biskuit dan Cemilan
Menyimpan biskuit dan cemilan yang palinga aman tentu dengan menggunakan stoples kering dan kedap udara ya Moms. Wadah yang kering dan kedap udara akan memberikan kerenyahan yang tahan lama pada biskuit dan cemilan. Dan untuk memastikan stoples kedap udara pilihlah penutup karet atau uliran putar yang kuat dan rapat. 

Kacang-Kacangan

Tips untuk menyimpan kacang-kacangan sebenarnya mudah lho Moms yang pertama jemur kacang hingga benar-benar kering sebelum kacang disimpan. Untuk tempat penyimpanan sebaiknya Moms memilih botol dengan tutup rapat. Hindari menyimpan kacang dengan jenis berbeda-beda dalam satu wadah yang sama agar kacang tidak rusak Moms.

Itulah tahapan dan cara menyimpan makanan tanpa kulkas ya Moms. Walau kulkas terlihat lebih praktis namun menyimpan dengan cara-cara diatas juga bisa menjaga kualitas bahan juga lho. Jadi selamat mencoba.