Mengangkat Barang Berat

Pasca operasi caesar, Moms sebaiknya tidak mengangkat barang berat karena hal itu akan memicu pendarahan pada jahitan atau membuat jahitan pada perut Moms terbuka. Tidak hanya itu, Moms juga wajib menghindari melakukan olahraga berat. Sebaiknya Moms memilih olahraga ringan seperti berjalan kaki.

Mengangkat Barang Berat
source: http://gayahidup.inilah.com/

Hindari Makanan yang Mengandung Gas

Sebaiknya Moms juga tidak membuang gas terlalu sering pasca operasi caesar. Karena terlalu sering membuang gas dapat membuat perut Moms terasa nyeri. Tapi bukan berarti Moms tidak boleh membuang gas ya, Moms. Untuk menghindari membuang gas terlalu sering, Moms lebih baik tidak mengonsum makanan yang mengandung gas seperti kol, brokolo, jahe untuk menghindari buang gas terlalu sering.

Hindari Makanan yang Mengandung Gas
source: https://www.idntimes.com/
baca juga

Hindari Menaiki Tangga

Setelah operasi caesar, Moms memang harus berlatih berjalan untuk mempercepat recovery. Namun sebaiknya Moms menghindari menaiki tangga karena hal ini terlalu beresiko untuk kesembuhan Moms. Jika Moms memiliki rumah tingkat, lebih baik memilih beristiahat di lantai 1 agar tidak harus melewati tangga berkali-kali.

Hindari Menaiki Tangga
source: https://womantalk.com/

Jangan Mandi Terlalu Lama

Pada awal-awal pasca operasi caesar, sebaiknya Moms tidak mandi terlalu lama. Hal ini untuk menghindari luka yang membasah. Jangan lupa untuk keringkan luka supaya luka tidak basah dan membuat penyembuhan menjadi semakin lama.

Jangan Mandi Terlalu Lama
source: https://medan.tribunnews.com/
baca juga

Hindari Gerakan Terlalu Cepat

Pasca operasi caesar, Moms wajib menghindari guncangan yang terlalu keras. Karena guncangan yang terlalu keras dapat menyebabkankan nyeri luar biasa bagi perut Mama pasca operasi caesar. Jangan lupa selalu membawa bantal untuk menekan perut apabila ada guncangan terlalu keras yang dapat membuat perut Mama menjadi nyeri. Selain itu, hindari juga gerakan terlalu cepat, seperti bangun dari tidur, atau berbalik badan saat tidur. Jangan ragu untuk meminta bantuan suami atau kerabat Mama untuk membantu Mama saat ingin berdiri, duduk, maupun tidur.

Hindari Gerakan Terlalu Cepat
source: https://www.idntimes.com/

Nah Moms itu tadi 5 hal yang wajib Moms hindari pasca menjalani operasi caesar.Semua itu bertujuan agar jahitan pasca operasi caesar cepat sembuh. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.