Matikan Alat Elektronik yang Tidak Digunakan

Televisi, AC, kipas angin, dan beragam alat elektronik lainnya kerap dibiarkan menyala meskipun tidak sedang digunakan. Kebiasaan ini tidak hanya membuang energi sia-sia tetapi juga berperan besar dalam menambah tagihan listrik bulanan. Untuk itu, pastikan selalu mematikan alat-alat elektronik saat tidak digunakan. Gunakan AC seperlunya, tidak perlu dinyalakan sepanjang hari. Televisi juga harus dimatikan saat tidak ditonton.  
Biar Lebih Hemat, Ini 5 Langkah Sederhana Mengurangi Tagihan Listrik
source: https://northstateparent.com/

Mencabut Steker dari Saklar

Mematikan alat elektronik yang tidak dipakai memang sudah bisa mengurangi pengeluaran listrik bulanan. Namun untuk lebih bisa mengoptimalkan penghematan, cobalah untuk selalu mencabut steker dari saklar listrik. Cara ini dilakukan oleh sebagian orang dan terbukti dapat menurunkan biaya tagihan listrik cukup drastis. Jadi, cobalah untuk memasang steker alat elektronik pada saklar hanya saat digunakan. Matikan dan cabut steker setelah alat tidak lagi dipakai.

Biar Lebih Hemat, Ini 5 Langkah Sederhana Mengurangi Tagihan Listrik
source: https://www.travelers.com/
baca juga

Perhatikan Besar Watt dari Alat Elektronik Sebelum Membeli

Besarnya watt alat elektronik akan sangat berpengaruh pada penggunaan listrik rumah secara keseluruhan. Untuk itu, pastikan Mommy tidak membeli barang elektronik dengan watt yang tinggi. Carilah produk dengan watt rendah untuk meminimalisir serapan listrik yang dipakai sehingga tagihan bulanan juga akan berkurang.

Biar Lebih Hemat, Ini 5 Langkah Sederhana Mengurangi Tagihan Listrik
source: https://products.geappliances.com/

Jangan Menyetrika Semua Baju

Penggunaan setrika baju terkadang juga menyerap cukup banyak energi. Apalagi jika Mommy menggunakannya secara rutin untuk menyetrika semua baju. Padahal, cara ini sangat berpengaruh pada penggunaan listrik yang boros. Cobalah untuk mengurangi penggunaan listrik dengan memilih baju tergentu yang akan disetrika. Kaos dan baju tidur cukup dilipat saja, sedangkan baju kerja atau baju sekolah baru boleh disetrika.

Biar Lebih Hemat, Ini 5 Langkah Sederhana Mengurangi Tagihan Listrik
source: https://www.today.com/
baca juga

Hemat Dalam Menggunakan Air

Terakhir, penggunaan air juga tidak lepas dari penggunaan energi listrik. Menyalakan mesin air juga akan membutuhkan aliran listrik yang tidak sedikit. Untuk itu, cobalah agar bisa lebih cerdas dalam menggunakan air. Jangan biarkan air mengalir saat sedang menyikat gigi. Selalu perhatikan juga air saat sedang mengisi bak mandi agar tidak meluap dan terbuang sia-sia.

Biar Lebih Hemat, Ini 5 Langkah Sederhana Mengurangi Tagihan Listrik
source: https://learn.compactappliance.com/


Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik. Seharusnya, tagihan listri yang naik bukan menjadi masalah besar jika Mommy bisa mengaturnya dengan baik. Menghemat listrik juga tidak hanya dapat menyelamatkan keuangan rumah tangga, tetapi juga melestarikan bumi untuk anak cucu nantinya.