Menghindari Robekan Pada Perineum

Untuk menjaga perineum agar tetap kuat dan utuh sekaligus fleksibel saat meregang dalam persalinan normal, Moms bisa melakukan pemijatan perineum sebanyak dua kali seminggu. Hal ini bisa terhindar dari risiko robekan pada perineum. Caranya mudah Moms, siapkan minyak pijat non-toxic yang tidak menyebabkan iritasi, pastikan kuku tidak panjang, dan bersihkan tangan. Waktu terbaik adalah sesaat setelah mandi atau berendam air hangat. Moms juga bisa mengompres vagina dengan handuk lembut dan air hangat selama 10 menit sebelum memijat.

Menghindari Robekan Pada Perineum
source: https://sayabunda.com/

Menghindari Risiko Episiotomi

Episiotomi adalah sayatan yang dibuat pada perineum saat proses persalinan untuk memperbesar jalan lahir. Nah jika Moms melakukan pijat perineum 4-6 minggu sebelum melahirkan, maka hal tersebut akan membantu mengurangi episiotomi sebesar 16%, khususnya jika Moms baru pertama kali melahirkan lewat vagina.

Menghindari Risiko Episiotomi
source: https://hellosehat.com/
baca juga

Membantu Peregangan Jaringan Pada Area Vagina

Ketika menjalani proses melahirkan normal, pasti Moms akan merasakan sensasi panas terbakar atau yang biasa disebut ring of fire ini terjadi saat jaringan-jaringan di sekitar vagina meregang mengikuti kepala bayi yang akan lahir. Nah, pijatan perineum dapat meringankan rasa sakit yang ditimbulkan saat kepala bayi mulai muncul perlahan-lahan selama kontraksi.

Membantu Peregangan Jaringan Pada Area Vagina
source: https://hellosehat.com/

Menguatkan Bonding dengan Pasangan

Pemijatan perineum juga bisa dilakukan oleh pasangan lho, Moms. Justru karena dilakukan oleh pasangan maka akan menguatkan bonding satu sama lain. Caranya, Moms duduk berhadapan dengan Dads. Letakkan kaki Moms di atas kaki Dads. Kemudian, Dads bisa mulai melakukan pijatan menggunakan jari telunjuknya dan memasukkan jari kurang lebih satu inci ke dalam vagina. Ini adalah salah satu kerja sama terbaik sebagai orang tua sebelum si kecil lahir ke dunia.

Menguatkan Bonding dengan Pasangan
source: https://www.haibunda.com/

Ternyata banyak ya Moms manfaat pijat perineum selama masa kehamilan. Semoga proses persalinan Moms nanti lancar, ya.