Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi lebih banyak vitamin C dapat meningkatkan kadar antioksidan darah hingga 30 persen. Sementara itu, antioksidan merupakan  molekul yang meningkatkan kekebalan tubuh. Sayangnya tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Sebagai gantinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut. Jika Moms atau si kecil tak suka mengonsumsi buah jeruk bukan berarti manfaat vitamin C dalam buah akan sulit Anda dapatkan. Faktanya banyak buah kaya vitamin C selain jeruk. 

1. Jambu Biji

Jambu biji merupakan salah satu sumber terkaya vitamin C dan zat besi. Kombinasi keduanya  menjadi nutrisi yang efektif dalam mencegah atau mengurangi masuk angin dan infeksi virus. Buah yang banyak ditemui di negara tropis ini berkhasiat untuk menjaga kadar gula dalam darah, tekanan darah, menguatkan kekebalan tubuh serta sistem pencernaan. Saat moms merasa lemas dan kurang berenergi, jambu biji bisa menjadi buah pilihan yang bisa dikonsumsi. Memiliki kandungan mineral dan vitamin yang unik dan tinggi, jambu biji juga dapat membantu meningkatkan energi. Selain vitamin C, jambu biji juga kaya akan kandungan vitamin B3, yang dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang fungsi kognitif, sedangkan vitamin B6 adalah nutrisi yang berkorelasi dengan fungsi otak dan saraf.

1. Jambu Biji
baca juga

2. Strawberry

Buah strawberry menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes. Memiliki rasa manis dan sedikit asam, buah strawberry tidak cepat meningkatkan gula darah. Buah strawberry juga aman untuk dikonsumsi untuk moms yang tengah melakukan diet apapun. Strawberry kaya akan vitamin C, kalium, asam folat, dan serat. Ini semua adalah nutrisi penting yang mendukung fungsi tubuh sehari-hari. Menawarkan banyak manfaat kesehatan mendorong Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk mengkonsumsi 400 gram buah strawberry dan sayuran, guna mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

2. Strawberry

3. Kiwi

Buah kiwi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh moms. Mengandung vitamin C tinggi buah ini dapat mengurangi stres oksidati, menurunkan kolestrol dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, moms juga bisa terhindar dari penyakit diabetes, kanker dan serangan jantung. Berdasarkan sebuah penelitian 100 gram buah kiwi mengandung 61 kalori, 14,66 gram karbohidrat, 1,14 gram protein, 0,52 gram lemak dan 3 gram serat. Mengonsumsinya 2-3 buah kiwi  sehari selama 28 hari berkhasiat mengurangi kekakuan platelet darah sebesar 18% dan menurunkan trigliserida sebesar 15%. Ini dapat mengurangi risiko pembekuan darah dan stroke.
Memiliki warna hijau terang dan kekuningan, buah ini cukup menarik. Jadi, tak bosan untuk dikonsumsi setiap hari.

3. Kiwi
baca juga

4. Pepaya

Dikenal akan kaya serat, buah ini sering jadi pilihan moms saat konstipasi menyerang. Pepaya memiliki kandungan Vitamin C sebesar 33 persen lebih banyak ketimbang buah jeruk. Sehingga buah ini  bisa menjadi buah pilihan untuk membantu pulihkan tubuh setelah sakit. Selain itu, khasiat buah pepaya lainnya juga bisa menguatkan kekebalan tubuh. Mengkonsumsinya juga membuat kulit moms menjadi mulus lho, karena kandungan vitamin E di dalamnya.

4. Pepaya

5. Nanas

Buah ini tak boleh tertinggal ya moms saat buat rujak di rumah. Bukan hanya rasanya yang enak, tapi kandungan di dalamnya sangat penting bagi tubuh. Buah nanas kaya akan kandungan vitamin C dan mangan. Masing-masing kandungan memberikan 131% dan 76% dari rekomendasi harian. Mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga metabolisme yang sehat dan memiliki sifat antioksidan. Nanas juga mengandung sejumlah vitamin A dan K, fosfor, seng dan kalsium.

5. Nanas

6.Mangga

Musim buah mangga mungkin yang paling ditunggu ya moms. Buah yang sering ditemui di halaman rumah ini, tak hanya bikin ngiler saat ngidam aja, moms juga boleh sering-sering mengonsumsinya. Hal ini karena mangga tak hanya mengandung vitamin C, tapi juga A, B, E dan K. Kandungan ini cukup mengesankan, karena berkontribusi penuh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Antioksidan kuat dalam mangga dapat membantu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh dan membantu mencegah penyakit jantung, penuaan dini, kanker, dan banyak penyakit degeneratif lainnya. Kaya akan kalium (4 persen dalam 156 mg) dan magnesium (2 persen dalam 9 mg) membuat mangga  sebagai obat yang bagus untuk tekanan darah tinggi. Mangga sangat rendah lemak jenuh, kolesterol, dan natrium. 

6.Mangga

7. Delima

Banyak menjadi bahan untuk bahan kecantikan moms, buah delima mengandung tinggi antioksidan yang membantu mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Selain itu, juga efektif untuk mencegah stres dan kerusakan oksidatif. Segelas jus delima buatan moms sendiri memiliki kandungan vitamin C sebanyak 40 persen dari kebutuhan harian Anda. Buah delima juga baik untuk mengobati kanker prostat. Penyakit yang banyak dialami oleh para pria. Studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak delima dapat memperlambat reproduksi sel kanker dan bahkan menginduksi apoptosis, atau kematian sel, dalam sel kanker.

7. Delima