Moms terkadang tidak sadar memiliki kebiasaan yang menyebabkan kerutan di wajah. Kebiasaan-kebiasaan buruk meskipun merupakan kebiasaan yang terbilang sepele, bisa membuat keriputan di wajah muncul sebelum waktunya. Padahal usia moms masih terbilang muda. Sebelum moms menyadarinya, berikut 6 kebiasaan yang menyebabkan kerutan di wajah.  

Posisi Tidur Menyamping dan Tengkurap

Tidak banyak yang mengetahui jika kebiasaan posisi tidur menyamping dan tengkurap bisa menimbulkan kerutan di wajah. Tidur dalam posisi wajah menyamping yang membuat wajah tertekan sehingga kerutan pada wajah muncul. Sementara tidur dalam posisi tengkurang bisa membuat pori-pori kulit tersumbat. Orang-orang yang sudah terbiasa tidur dengan posisi terkurap atau menyamping, disarankan mengganti posisi tidur dengan posisi tidur terlentang.  

Posisi Tidur Menyamping dan Tengkurap
baca juga

Menggosok Terlalu Kencang Saat Membersihkan Makeup

Menggosok terlalu kencang saat membersihkan makeup memang berharap sisa-sisa makeup di wajah terangkat sempurna. Namun, kebiasaan tersebut dapat merusak permukaan kulit wajah, hingga menyebabkan munculnya kerutan. Pastikan menggosok wajah tidak terlalu kencang atau sewajarnya agar bagian pelindung kulit tidak rusak.

Menggosok Terlalu Kencang Saat Membersihkan Makeup

Tidak Menggunakan Sunscreen

Saat melakukan aktivitas di luar rumah, selain kulit yang terpapar sinar matahari, kulit juga pasti terpapar sinar UV yang sangat berbahaya bagi sel-sel kolagen dan kelembapan kulit. Melindungi kulit dari sinar UV sangat mudah, yakni dengan membiasakan diri menggunakan sunscreen. Jangan lupakan kebiasaan yang satu ini ya, moms.

Tidak Menggunakan Sunscreen
baca juga

Tidur dengan Makeup di Wajah

Dalam menjalankan aktivitas seharian lamanya tentu moms membutuhkan makeup. Kebiasaan yang buruk karena malas menghapus saat tidur juga bisa membuat kulit mu rusak. Tidur dengan makeup menjadi salah satu penyebab jika kulit wajah sudah terlihat kerutan halus. Pasalnya makeup yang mengandung bahan kimia sekaligus sudah terpapar dengan debu akan menyumbat pori-pori. Jadi bersihkan wajah sebelum tidur, dan biarkan kulitmu bernapas tanpa makeup, ya.

Tidur dengan Makeup di Wajah

Konsumsi Minuman Beralkohol

Sering mengonsumsi minuman beralkohol merupakan salah satu kebiasaan buruk yang tentu akan berdampak buruk pada kesehatan kulit seperti menimbulkan kerutan. Hal ini juga dikarenakan kandungan pada alkohol yang bisa menyebabkan kulit dehidrasi dan kering. Selain itu kandungan vitamin A yang bagus untuk kulit menjadi tidak berfungsi.

Konsumsi Minuman Beralkohol

Merokok

Selain tidak baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung, merokok mengandung nikotin yang tidak baik untuk kesehatan kulit, apalagi jika kulitmu terlalu sering terkena paparan asap rokok karena akan menyebabkan wajah keriput. Moms tidak ingin kan terlihat tua sebelum waktunya? Sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, ya.

Merokok