Mengajari anak bersosialisasi merupakan hal yang perlu moms latih sejak dini demi tumbuh kembang anak di masa mendatang. Orangtua merupakan peran awal untuk membentuk karakter anak semakin aktif bergaul dan mengembangkan rasa percaya dirinya. Tidak hanya rasa percaya diri, sikap menghormati, sopan santun, simpati, empati, dan lain-lain juga harus moms tanamamkan pada diri anak. Hal-hal di bawah ini harus moms dan dads perhatikan untuk membuat anak makin berani bersosialisasi.

Bersikap Terbuka dengan Anak

Bagi anak moms yang belum bertemu dengan dunia luar, orangtua adalah teman pertamanya. Membuatnya nyaman yakni dengan bersikap terbuka dan bercerita hal-hal yang moms ingin sampaikan dengan bahasa lembut dan bersahabat. Berikan kesempatan pula kepada anak untuk bercerita mengenai apa yang sedang dia rasakan. Anak-anak memiliki rasa penasaran yang tinggi, jadi biarkan anak mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Bersikap Terbuka dengan Anak
baca juga

Berikan Kebebasan Berekspresi

Jangan terlalu mengekang dan mengomentari apa yang anak lakukan. Berikan kebebasan untuk berekspresi, kemudian apresiasi setiap tindakannya. Jika moms ingin memberikan masukan, berikan masukan yang dapat dipahami dan diterima anak. Anak butuh ruang dan waktu untuk melakukan apa yang dia inginkan dan mengekspresikan perasaan yang sedang dirasakannya. Kebebasan berekspresi dapat meningkatkan kepercayaan diri, sekaligus meningkatkan sifat kreatif si anak, moms.

Berikan Kebebasan Berekspresi

Berikan Permainan

Permainan yang dimaksud adalah permainan yang bisa melatih anak agar lebih tanggap dan pintar bersosialisasi. Moms harus bisa meluangkan waktu untuk anak. Beberapa permainan yang bisa melatih jiwa sosialisasi anak seperti permainan ular naga, tarik tambang, petak umpat, benteng, dan lain-lain. Moms juga bisa mengajak teman si kecil untuk melatih komunikasi anak dengan orang lain.

Berikan Permainan
baca juga

Etika dalam Bergaul

Anak mungkin suka keliru dalam menyikapi sesuatu seperti merespons apa yang temannya lakukan, seperti tidak menghargai temannya atau ingin menang sendiri. Moms bisa memberikan pengertian lebih tentang bagaimana cara menghargai teman atau orang di sekelilingnya. Anak tidak akan selalu bertemu dengan orang yang seumuran dengannya, tetapi juga orang yang lebih tua darinya. Maka dari itu selain sifat menghargai, moms bisa menanamkan sifat sopan satun kepada anak.

Etika dalam Bergaul