1. Kelebihan Metode Lotus Birth

 

  • Bayi Mendapat Asupan Zat Besi
Melahirkan dengan metode lotus birth dipercaya dapat menambah zat besi untuk si bayi, karena asupan darah yang terserap dari plasenta yang masih menempel. 
 
  • Proses Alami
Tidak sedikit para ibu yang lebih memilih metode lotus birth dikarenakan proses terputusnya tali pusar yang lebih alami. Selan itu dari nilai estetika, lotus birth ini dilihat belum biasa, sehingga para orang tua bahagia mengabadikan foto bayi lotus mereka. 
 
  • Memberi Nutrisi Pada Bayi
Seperti diketahui plasenta merupakan tempat segala nutrisi yang bersumber dari si Ibu kemudian ditransfer sebagai asupan bayi selama di dalam janin. Nah, setelah melahirkan bayi tetap mendapat nutrisi dan zat besi dari plasenta yang masih terhubung saat sudah melahirkan. 
 
source: http://www.kidspot.com.au



 

2. Kekurangan Metode Lotus Birth

 

  • Belum Ada Penelitian Secara Ilmiah
Hingga saat ini belum ada penelitian secara ilmiah yang membuktikan bahwa lotus birth aman dan bermanfat bagi bayi. Karena masih banyak kontroversi di dunia medis mengenai melahirkan dnegan metode lotus birth ini. 
 
  • Bilirubin (Bayi Kuning)
Risiko bayi kuning alias bilirubin akan lebih besar terjadi pada bayi lotus karena tali pusar yang tak langsung dipotong saat lahir. Hal ini disebabkan karena pasokan darah yang bayak dari plasenta ke tali pusar yang menyebabkan bayi terkena bilirubin. 
 
  • Rentan Infeksi
Sebenarnya plasenta ini hanyalah jaringan mati setelah bayi lahir yang harus dipisahkan segera dari tubuh bayi. Di dalam plasenta ini mengandung banyak darah yang dikhawatirkan bisa membuat bayi terinfeksi. Sebaiknya sebelum melakukan lotus birth, moms wajib berkonsultasi oleh dokter kandungan. 
 
  • Menimbulkan Bau
Plasenta adalah tak ubahnya daging yang juga bisa membusuk jika dibiarkan begitu saja. Nah, kita tidak pernah tau bakteri apa yang timbul dalam plasenta yang mulai membusuk dan mengering. Oleh sebab itu mom harus menjaga dan membersihkan lebih ekstra plasenta bayi agar tetap bersih hingga tali pusar mengering. 
 
source: https://id.pinterest.com