Kenali Bantahan Anak
Sebenarnya sejak kecik anak sudah bisa menolak sesuatu yang tidak ia sukai. Sebut saja saat ia menolak makanan yang Mommy berikan dan memilih makanan lain yang lebih disukainya. Bantahan ini akan terus berkembang bergantung pada kebiasaan dan pola asuh yang selama ini Mommy terapkan. Membantah dan melawan orangtua merupakan sikap yang sangat wajar di mana anak tentu memiliki preferensinya sendiri. Namun, pahami betul penyebab dari bantahan anak itu sendiri. Pasalnya, penyebab anak membantah akan memengaruhi bagaimana Mommy seharusnya bersikap.

Ini yang Harus Dilakukan Orangtua Saat Anak Mulai Membantah
source: https://www.youtube.com/

1. Bantahan Karena Tidak Mengerti

Sebagian anak pernah menolak saat Mommy melarangnya bermain hujan-hujanan bersama teman-teman. Ini bisa dikarenakan ia tidak mengerti bahwa bermain di bawah hujan dapat membuatnya sakit. Untuk mengatasi hal ini, Mommy harus menerapkan pola komunikasi yang baik agar maksud dan alasan dari tindakan Mommy bisa lebih dipahami anak.

Ini yang Harus Dilakukan Orangtua Saat Anak Mulai Membantah
source: https://www.psychologytoday.com/
baca juga

2. Bantahan Karena Orangtua Plin-Plan

Di sisi lain, ada juga anak yang kerap membantah saat dilarang menonton televisi atau bermain gadget. Ini mungkin terjadi karena Mommy tampak plin-plan atau tidak konsisten dalam menerapkan sebuah peraturan. Sesekali Mommy melarangnya bermain gadget, tapi ada waktu di mana Mommy membiarkannya bermain tanpa kenal waktu. Itu sebabnya, penting untuk menjaga prinsip dan menerapkan peraturan tegas agar anak tidak menggampangkan orangtuanya.

Ini yang Harus Dilakukan Orangtua Saat Anak Mulai Membantah
source: https://life.familyapp.com/

3. Bantahan Karena Anak Kritis

Ada pula anak-anak yang membantah orangtuanya karena memang ia memiliki pemikiran yang kritis. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan otak anak dan kemampuannya dalam berpikir terus mengalami perkembangan. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memiliki kemampuan berpikir tajam. Anak-anak seperti ini biasanya akan lebih kritis dalam menerima arahan dan atau larangan dari orangtuanya. Untuk menghadapinya Mommy harus lebih cerdas jelas dalam memaparkan alasan dari sebuah aturan. Anak-anak seperti ini membutuhkan kejelasan yang masuk akal untuk semua hal.

Ini yang Harus Dilakukan Orangtua Saat Anak Mulai Membantah
source: https://www.learningliftoff.com/
baca juga


Menghadapi Bantahan Anak

Dari semua macam bantahan yang anak bisa berikan, Mommy harus lebih bijaksana dalam mengkomunikasikan segala hal, baik itu aturan ataupun larangan. Pahami bahwa sangat wajar jika anak membantah. Ingat juga bahwa respon yang tepat akan membentuk anak untuk tumbuh menjadi seseorang yang lebih baik.