Moms perlu memperhatikan tips membuat baked potatoes agar gurih dan meleleh di mulut. Memang kedengarannya mudah moms memasak baked potatoes, cukup dimasukkan di dalam oven dan tunggu beberapa menit baked potatoes-nya sudah matang. Tapi nyatanya baked potatoes tidak memiliki rasa yang gurih, bagian kulitnya licin atau masih basah, bahkan bisa saja bagian kulit gosong. Kalau sudah seperti itu, mau tidak mau baked potatoes tidak termakan, atau moms memakannya dengan tidak nikmat, bukan? Sebelum hal itu terjadi, simak tips memasak baked potatoes yang sempurna dan tentu membuat moms mendapatkan hasil yang memuaskan.

Gunakan garpu untuk menusuk kentang

Hal sepele ini terkadang suka terlupakan, moms. Jika baked potatoes atau kentang panggang yang moms buat tidak matang sempurna atau merata, dan terlalu lembek, bisa jadi karena moms tidak menusuk kentang dengan garpu atau menyayat kulit kentang saat proses membuat baked potatoes. Jadi jangan sampai lupa untuk memeriksa kentang dan menusuknya dengan garpu ya moms.

Gunakan garpu untuk menusuk kentang
baca juga

Memilih jenis kentang

Kentang yang digunakan untuk membuat baked potatoes dengan yang biasa moms gunakan saat membuat sup tentu berbeda. Sebaiknya pilih jenis kentang russet atau kentang tes. Kentang tes memiliki kulit berbulu dan kandungan patinya sangat tinggi, sehingga akan menghasilkan kualitas baked potatoes yang sempurna dengan tingkat kelembutan kentang dan kepadatan yang sempurna.

Memilih jenis kentang

Mencuci kentang dengan baik

Jika moms tidak ingin baked potatoes yang moms buat menghasilkan kulit yang basah atau lembek, sebaiknya moms perhatikan tips memasak ini. Cucilah kentang hingga kotoran pada kulitnya hilang, moms bisa gunakan sikat sayur atau sikat gigi untuk membersihkan kentang. Setelah bersih, tiriskan kentang dan pastikan sudah kering, lalu oleskan kentang dengan minyak zaitun dan garam untuk memberikan rasa yang gurih dan hasil kulit kentang yang kering atau tidak lembek. Baked potatoes yang sempurna juga terletak pada kelezatan kulitnya, moms.

Mencuci kentang dengan baik
baca juga

Perhatikan suhu oven

Memasak baked potatoes menggunakan oven merupakan cara yang mudah hanya memakan waktu beberapa menit saja. Namun saat menggunakan oven, perlu diperhatikan suhu ovennya. Jangan memasak baked potatoes pada oven dengan suhu lebih dari 450° F. Jika moms ingin memasak selama 90 menit, atur suhu oven hingga 300° F saja. Jika ingin lebih cepat yakni memasak selama 45 menit, cukup memasak dengan suhu maksimal 450° F.

Perhatikan suhu oven

Potong kentang saat masih panas

Setelah matang, moms harus segera memotong atau membuka baked potatoes, jangan menunggu hingga kentang sudah dingin karena hal itu bisa menghilangkan kualitas dan cita rasa kentang. Terlebih hal tersebut akan membuat beberapa bagian pada kentang menjadi berair.  

Potong kentang saat masih panas