Ciri-ciri Wanita Mandul

Kemandulan bisa saja dilihat dari beberapa ciri-ciri berikut ini. Coba perhatikan betul-betul ya, Moms. Jika mengalami salah satu ciri-ciri berikut ini, sebaiknya Moms segera menemui dokter kandungan Mommies.

Siklus Haid Tidak Lancar
Menstruasi yang tidak lancar ternyata merupakan salah satu ciri-ciri wanita mandul, Moms. Karena ini adalah pertanda bahwa ada masalah kesuburan dalam diri Mommies. Menstruasi tidak lancar ini maksudnya adalah siklus menstruasi yang terlalu singkat atau terlalu panjang. Jika Moms mengalami tanda-tanda ini, sebaiknya Moms segera periksakan diri ke dokter kandungan.

Ciri-ciri Wanita Mandul
source: https://majalahkartini.co.id/

Berat Badan Naik dengan Cepat
Jika Moms mengalami kenaikan berat badan dengan sangat drastis, sebaiknya Moms waspada. Karena ini adalah salah satu ciri-ciri wanita mandul. Perempuan yang tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan secara berlebihan dapat terjadi karena PCOS. Inilah yang membuat kadar androgen yang sangat tinggi. Lalu produksi insulin pun menjadi lebih tinggi. Inilah yang membuat tubuh menjadi lebih cepat gemuk dibandingkan yang lainnya.

Sakit Saat Menstruasi
Jika Moms merasakan sakit yang luar biasa ketika menstruasi, artinya Moms harus waspada. Karena ini juga termasuk ciri-ciri wanita mandul. Mungkin sakit saat menstruasi terlihat wajar, namun jika sakitnya benar-benar tak tertahankan lebih baik Moms segera periksa ke dokter.

Banyak Rambut Pada Tubuh
Moms memiliki rambut yang sangat lebat? Jika ini terjadi pada laki-laki mungkin terlihat wajar. Namun jika terjadi pada perempuan ini menunjukkan bahwa perempuan yang menghasilkan hormon esterogen juga menghasilkan hormon androgen. Banyaknya bulu yang dimaksud adalah pada bagian atas bibir, wajah, pergelangan tangan, ketiak, dada dan perut. Jika sudah ditemukan gejala ini, maka androgen dalam tubuh bisa saja sangat tinggi dan harus segera diobati.

Kurangnya Berat Badan
Kurangnya berat badan juga menjadi ciri-ciri wanita mandul, Moms. Karena berat badan yang kurang bisa merusak hormon sehingga berpotensi membuat perempuan tidak subur.

baca juga

Penyebab Wanita Mandul

Moms, kemandulan sebenarnya terjadi karena beberapa sebab. Sebaiknya Moms mengetahui apa saja penyebab wanita mandul. Diantaranya adalah:

  • Kebiasan merokok pada wanita
  • Penyumbatan saluran telur Ovum
  • Adanya penyakit Kista
  • Masalah Endometriosis
  • Ketidakseimbangan Ph
  • Melencengnya posisi mulut rahim
  • Berat badan terlalu tinggi atau obesitas
  • Terjadinya menopause
  • Stress atau mental tertekan
  • Usia yang bertambah
Penyebab Wanita Mandul
source: https://hellosehat.com/

Nah Moms, itu tadi adalah ciri-ciri wanita mandul yang wajib Moms ketahui sejak dini agar segera dapat diatasi. Selain itu Moms juga perlu tahu penyebab wanita mandul, agar bisa menghindarinya sejak dini. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.