Sebagian dari moms mungkin akan menghindari kopi saat hamil karena kandungan kafeinnya yang tinggi. Pilihannya pun akan jatuh pada teh aromatik. Tak hanya menjadi minuman alternatif yang bisa dikonsumsi, teh juga efektif menghilangkan rasa mual. Dianggap aman, bahkan moms dianjurkan untuk mengkonsumsi teh tertentu saat hamil. Namun demikian dari semua teh yang baik untuk ibu hamil, bubble tea bukan salah satunya.

Pada umumnya bubble tea terbuat dari teh yang dicampur dengan penambah rasa buah atau susu. Penyajiannya pun ditambahkan bola-bola yang memiliki tesktur kenyal atau sering disebut bubble. Baik dari bubble atau tambahan rasa yang ditambahkan ke dalamnya, semuanya mengandung gula. Terbuat dari tepung tapioka bubble tea juga mengandung karbohidrat, gula halus, dan flavour syrup. Mengandung 355 kalori setiap kemasannya, tentu akan beresiko meningkatkan asupan kalori harian Anda. Ini akan sangat berbahaya jika moms mengonsumsi dalam jumlah banyak dan sering.

Jadi Minuman Favorit yang Lagi Hits, Amankah Bubble Tea untuk Ibu Hamil?

Bahaya Kelebihan Gula Pada Ibu Hamil

Gula memang diperlukan untuk pertumbuhan janin yang sehat, tapi perlu diingat konsumsi gula berlebihan pada ibu hamil dapat menyebabkan diabetes gestasional. Penyakit ini dapat mengancam jiwa moms dan si bayi dalam kandungan. Diabetes gestasional dipicu karena tubuh moms terlalu banyak mengkonsumsi gula, sementara cara tubuh memproduksi insulin berubah saat hamil. Hormon insulin yang bertugas memproses glukosa atau gula menjadi energi tak berjalan baik. Akibatnya diabetes gestasional pada ibu hamil tak terhindarkan. Selain itu, mengkonsumsi satu porsi bubble tea mengandung 335 kalori.

Jika diminum lebih dari satu gelas per hari akan meningkatkan asupan kalori harian. Ini akan membuat moms mudah mengalami berat badan berlebih. Seperti diketahui ibu hamil memang dianjurkan mengalami kenaikan berat badan setiap bulan, tapi jika kenaikan itu berlebihan juga tidak akan baik untuk moms. Obsesitas saat hamil dapat menyebabkan preeklampsia, penggumpalan darah hingga kematian bayi.

Bahaya Kelebihan Gula Pada Ibu Hamil
baca juga

Aturan Konsumsi Bubble Tea untuk Ibu Hamil

Jika keinginan moms mengonsumsi bubble tea tak tertahankan. Usahakan konsumsi tidak terlalu sering. Moms bisa menikmati minuman ini maksimal dua kali dalam satu bulan. Mengandung tinggi gula, coba konsumsi setengah porsi setiap meminumnya. Jangan lupa kurangi asupan manis dari makanan lain, untuk konsumsi minuman ini ya moms.

Aturan Konsumsi Bubble Tea untuk Ibu Hamil