1. Hormon yang Tidak Seimbang

Beberapa wanita banyak yang mengalami ketidakseimbangan hormon saat menstruasi, dimana menyebabkan salah perhitungan usia kandungan ketika hamil. Selain itu penyebab kontraksi kehamilan tak kunjung datang karena belum cukupnya hormon-hormon untuk merangsang terjadinya kontraksi. 
 

source: http://sheknows.com



 

2. Kelainan Pada Mulut Rahim

Normalnya, bayi sudah siap untuk dilahirkan pada usia kandungan 38-40 minggu. Namun beberapa penyebab bayi tak kunjung lahir dikarenakan kontraksi yang belum dirasakan sang ibu. Hal ini bisa terjadi dikarenakan ada kelainan pada rahim seperti mulut rahim yang kaku sehingga sulit terjadi kontraksi dan pembukaan. 

Pada saat itu, terjadi perubahan hormon pada ibu dan bayi yang akan merangsang kontraksi pada ibu.
 

source: https://www.thebump.com



 

baca juga

3. Penyakit Diabetes

Bagi wanita hamil yang menderita diabetes melitus ini juga dapat menyebabkan kontraksi kehamilan tak kunjung datang. Hal ini terjadi karena meningkatnya tekanan darah sehingga bisa mengacaukan sistem hormon kehamilan. 

 

source: https://www.womenshealth.gov



 

4. Ibu Terlalu Stress dan Cemas

Sangat wajar jika sang ibu mengalami rasa khawatir dan stress menjelang persalinan. Hal tersebut akan mempengaruhi kontraksi kehamilan karena sistem hormon yang tak beraturan. Nah, sebaiknya buat kondisi moms lebih rileks sehingga kontraksi dapat muncul secara alami dan jalan lahir bagi bayi segera terbuka. 
 

source: http://stilmama.ru