Memiliki momongan banyak didambakan pasangan. Sayangnya tak semua diberi jalan yang mulus. Ada juga yang terkadang sudah mendamba untuk menggendong bayi, namun tak kunjung mendapat garis dua saat mencoba melakukan tes kehamilan. Moms, banyak faktor yang melatarbelakangi kenapa Anda sulit hamil. Faktor berikut ini bisa bantu moms dan pasangan mengevaluasi diri dan mulai berusaha kembali mendapatkan momongan.

1. Gaya Hidup Tak Sehat

Memiliki gaya hidup tak sehat bisa menjadi alasan kenapa selama ini Anda sulit mendapatkan momongan. Untuk menghasilkan sperma yang berkualitas tentu seorang pria butuh menjaga kesehatan. Mulai mengkonsumsi makanan bernutrisi hingga olahraga secara rutin. Sama halnya dengan moms, sebagai wanita yang akan bertugas menerima sperma juga harus mempersiapkan rahim moms sehat.

Ini semua juga dipengaruhi pada gaya hidup sehari-hari. Merokok dan gemar mengonsumsi alkohol membuat kondisi semakin sulit. Kebiasaan merokok  mengurangi jumlah sperma pada pria. Sementara bagi wanita, merokok membuat ovarium menua, dan membuat pasokan telur di tubuh wanita habis.

1. Gaya Hidup Tak Sehat
baca juga

2. Stres

Moms, perlu waspada jika Anda dan pasangan di bawah tekanan stres yang telalu tinggi. Meski stres ada hubungannya dengan psikologis, namun hal ini juga sangat mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Wanita dengan stres tinggi memiliki peluang lebih sedikit untuk hamil, karena stres mengacaukan siklus menstruasi dan mengurangi waktu ovulasi atau bahkan berhenti sama sekali.

2. Stres

3. Berat Badan

Memiliki berat badan berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab sulit hamil. Baik terjadi pada moms ataupun pasangan. Sekitar 30% dari kasus ketidaksuburan disebabkan obesitas. Berat badan berlebih merupakan buah dari pola makan yang kurang sehat. Gemar mengkonsumsi manis bisa jadi salah satu penyebabnya. Jika sudah terlanjur memiliki berat badan berlebih, Anda bisa mulai mengendalikan asupan makan hingga berat badan ideal. Hal ini lebih efektif ketimbang moms hanya fokus untuk mengkonsumsi makanan tertentu yang dipercaya meningkatkan kesuburan. Menjaga berat badan tak hanya diharuskan karena moms ingin hamil, saat sudah hamil menjaga berat badan juga diperlukan untuk memastikan moms dan bayi tetap sehat selama kehamilan.

3. Berat Badan
baca juga

4. Usia Terlalu Tua

Memiliki momongan saat usia terlalu muda tentu banyak tantangannya. Namun jika terlalu tua pun akan sulit. Pada wanita lewat usia 35 tahun dan pria melebihi 40 tahun akan sulit untuk hamil. Meski moms menganggap masih mendapatkan waktu subur secara teratur, umur tetap berpengaruh. Khususnya pada kualitas telur dan kuantitasnya.

4. Usia Terlalu Tua

5. Gangguan Hormonal

Gangguan keseimbangan hormon menjadi penyebab sulit hamil. Biasanya terjadi pada wanita yang kita kenal dengan Polycystic Ovary Syndrome(PCOS). PCOS terjadi ketika ovarium wanita atau kelenjar adrenal memproduksi hormon laki-laki, seperti testoteron, lebih banyak dari batas normal. Kondisi ini menyebabkan sel telur berukuran kecil sehingga sulit untuk dibuahi. Selain itu, PCOS juga menyebabkan kista pada ovarium. Meski banyak wanita yang mengalami ini, namun dunia kesehatan belum bisa memastikan penyebabnya utamanya.

Sebagian besar wanita yang terkena PCOS, biasanya dipengaruhi faktor keturunan. Secara medis sindrom ini dapat disembuhkan. Namun tak hanya melalui proses pengobatan. Hal lainnya yan tak kalah penting adalah mulai menjalani hidup sehat, olahraga rutin dan menurunkan berat badan. Penurunan berat badan sebanyak 5-10 persen dapat meningkatkan sensivitas insulin dan membantu keseimbangan hormon.

5. Gangguan Hormonal

6. Gangguan Pada Tuba Falopi

Masa subur yang tidak teratur berperan 25-30 persen penyebab infertilitas pada wanita. Sisanya dikarenakan tuba falopi tersumbat. Tuba falopi merupakan jalur antara ovarium dan rahim. Saluran tuba tidak menempel langsung ke ovarium. Saat proses pembuahan terjadi sperma harus berenang dari serviks, melalui rahim ke saluran tuba. Ketika telur dilepaskan dari indung telur, proyeksi seperti rambut dari tuba falopi menarik telur ke dalam. Konsepsi terjadi di dalam tuba falopi, tempat sperma dan sel telur akhirnya bertemu. jika ada yang mencegah saluran tuba bekerja dengan benar tentu moms akan sulit hamil. Tersumbatnya tuba falopi diakibatkan banyak hal. umumnya wanita yang mengalami ini akan merasakan nyeri di bagian panggul.

6.	Gangguan Pada Tuba Falopi

7. Penyakit Radang Panggul

Sebagian besar wanita tidak menyadari, jika mereka tengah mengidap radang panggul. peradangan pada organ reproduksi perempuan ini menjadi salah satu penyebab susah hamil. Radang panggul terjadi karena adanya infeksi pada mulut rahim, naik ke tuba falopi dan reproduksi lainnya. Radang panggul disebabkan oleh penyakit infeksi kelamin atau klamedia dan gonore. Penyebab lainnya adalah adanya pertumbuhan bakteri berlebihan di vagina dan pemasangan kontrasepsi spiral (IUD) yang tidak steril. Gejala radang panggul seperti penyakit lainnya. Umumnya moms akan mengalami nyeri pada perut bagian bawah, menstruasi tidak lancar, demam hingga sensasi nyeri yang datang saat melakukan hubungan intim.

7. Penyakit Radang Panggul